Fajri Pria Berbobot 300 Kg dari Tangerang Keluhkan Sakit di Kaki

Fajri kini dalam perawatan RSUD Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Setelah dievakuasi secara dramatis, Fajri yang menderita obesitas yang bobot tubuh 300 kilogram, kini dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang. Pihak RSUD Kota Tangerang mengkonfirmasi bahwa Fajri mengalami sakit di bagian kaki.

Kepala Humas RSUD Kota Tangerang, Fika Khayan menuturkan bahwa hal itu menyebabkan Fajri kesulitan bergerak. Fika memperkirakan pemuda 27 tahun itu telah kesulitan bergerak sejak delapan bulan lalu.

"Kondisi pasien obesitas yang kami terima saat ini keluhannya adalah mengalami gangguan mobilisasi, karena ada keluhan nyeri di kaki pasien itu sendiri," kata Fika Kamis, (8/6/2013).

Baca Juga: Polres Tangerang Ungkap Keterlibatan Anggota KPI di Kasus Narkoba

1. Kondisi Fajri dipantau dokter spesialis penyakit dalam

Fajri Pria Berbobot 300 Kg dari Tangerang Keluhkan Sakit di KakiIlustrasi ruang isolasi. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Fika mengatakan, kondisi Fajri saat ini terus dipantau dan ditangani dokter spesialis penyakit dalam, secara berkala. Dia pun memastikan Fajri mendapat penanganan khusus dalam tindak lanjut setiap perkembangan kesehatan yang dialaminya selama perawatan.

"Tindakan awal seperti memeriksa kondisi cairan dan makanan dalam tubuh, hingga menjalani pemeriksaan laboratorium pun dilakukan terhadap Fajri," ucapnya.

Untuk sementara, tim dokter masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium Fajri. "Untuk penyakit selain obesitas, belum dapat kami temukan ya, karena masih awal sekali (penanganannya) jadi masih diobservasi terlebih dahulu apa hasil dari laboratorium maupun hasil pemeriksaan radiologi," tuturnya.

2. Biaya perawatan dicover BPJS pribadi

Fajri Pria Berbobot 300 Kg dari Tangerang Keluhkan Sakit di Kakiilustrasi BPJS Kesehatan (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, untuk biaya perawatan Fajri, kata Fika, ditanggung oleh BPJS kesehatan pribadinya.

Fika mengatakan, pihaknya akan berusaha dengan baik sesuai dengan kemampuan RSUD kota tangerang untuk menangani kondisi kesehatan yang tengah dialami oleh Fajri.

"Kami juga terus dipantau oleh Dinkes Kota Tangerang untuk bergerak bersama agar membantu penanganan terhadap pasien," ungkapnya.

3. Beratnya mencapai 300 kg, pemuda Tangerang harus dievakuasi memakai forklift

Fajri Pria Berbobot 300 Kg dari Tangerang Keluhkan Sakit di KakiDok. BPDB Ciledug

Sebelumnya,  petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mengevakuasi Fajri ke rumah sakit lantaran mengalami obesitas hingga tak dapat lagi beraktivitas normal. 

"Awalnya kami dapat laporan dari warga, lalu anggota ke sana untuk evakuasi, namun ternyata sulit jika dievakuasi dengan cara biasa," ujar Mulyadi, Kepala UPT BPBD Ciledug, Kamis (8/6/2023).

Fajri dievakuasi menggunakan  forklift, setelah sebelumnya petugas membobol tembok rumahnya untuk mempermudah evakuasi. 

Baca Juga: Pemkab Tangerang Larang Warga Bakar Sampah Sembarangan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya