IQ Air Tempatkan Pasar Kemis Tangerang Wilayah Polusi Udara Terburuk

DLH Kabupaten Tangerang: karena Pasar Kemis daerah industri

Tangerang, IDN Times - Lembaga data kualitas udara (IQ Air) menempatkan wilayah Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang sebagai daerah kualitas udara terburuk di Indonesia pada Jumat (17/6/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik mengakui bahwa kualitas udara di Pasar Kemis buruk karena wilayah tersebut merupakan kawasan industri. "Maka tingkat kualitas udara sangat rendah," kata Taufik, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga: Masih Tergenang Banjir, Warga Pasar Kemis Mulai Terserang Penyakit

1. Pemkab Tangerang rencana bangun ruang terbuka hijau di Pasar Kemis

IQ Air Tempatkan Pasar Kemis Tangerang Wilayah Polusi Udara Terburuk Suasana Taman Cattleya. (IDN Times/Aditya Pratama)

Taufik mengklaim, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi polusi udara tersebut.

Salah satunya menjaga fungsi kelestarian lingkungan hidup agar lebih hijau, sejuk, dan teduh dengan merencanakan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di tiap wilayah Kecamatan Pasar Kemis.

2. Pemkab juga akan pasang alat pemantau kualitas udara

IQ Air Tempatkan Pasar Kemis Tangerang Wilayah Polusi Udara Terburuk IDN Times/Rangga Erfizal

Ia mengungkapkan, pemantauan kualitas udara secara berkala juga telah dilakukan. Serta uji udara ambient dengan metode passive sample di empat tatanan; lalu lintas, kawasan industri, permukiman, dan perkantoran.

"Rencananya kami juga akan memasang alat untuk mengukur kualitas udara secara direct reading, continue, dan seketika (real time), yakni AQMS (Air Quality Monitoring System), melalui anggaran APBD 2022 ini," kata dia.

3. Kualitas udara di Pasar Kemis tak sesuai standar WHO

IQ Air Tempatkan Pasar Kemis Tangerang Wilayah Polusi Udara Terburuk Bendera berkibar di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss (who.int)

Dari data yang ditampilkan melalui laman resmi IQ Air di Tangerang, mencatat kualitas udara di Pasar Kemis mencapai indeks 164.

Adapun Indeks kualitas udara berdasarkan standar Amerika Serikat (AQ US) menggolongkan indeks 151 hingga 200 sebagai kategori udara tidak sehat, dengan konsentrasi particulate matter (PM) 2.5 mencapai 14,6 kali lipat di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

PM 2.5 merupakan polutan pencemar udara yang paling kecil dan berbahaya bagi kesehatan.

Lembaga IQ Air pun menyarankan masyarakat sekitar untuk menggunakan masker, menutup jendela ruangan dan menghindari aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Liburan Menarik di Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya