Comscore Tracker

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Kota Tangerang Bersiap Jam Malam 

Jam malam diberlakukan kalau warganya gak disiplin

Kota Tangerang, IDN Times - Peningkatan signifikan kasus COVID-19 di Kota Tangerang membuat Pemerintah Kota (Pemkot) tengah mempertimbangkan penerapan kebijakan jam malam, seperti yang dilakukan Depok dan Bogor.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, penerapan jam malam akan dilaksanakan jika anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan masih diabaikan masyarakat.

“Sedang dipertimbangkan kalau masyarakatnya beraktivitas membatasi kerumunan, kita tidak lakukan jam malam. Tapi misalnya, jika restoran tidak bisa mengendalikan pembelinya PKL tidak bisa maka dengan terpaksa, kita harus menjaga keamanan masyarakat, karena kesehatan hukum tertinggi. Kita harus sikapi dengan bijak,” kata Arief, Selasa, (1/9/2020).

Baca Juga: Ada Pocong Bawa Keranda Keliling di Tangerang

1. Kasus COVID-19 meningkat terus

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Kota Tangerang Bersiap Jam Malam Ilustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

Arief mengatakan, saat ini kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kota Tangerang meningkat cukup tinggi. Berbagai upaya menekan laju penyebaran COVID-19 terus dioptimalkan. Salah satu yang telah dilakukan adalah pembatasan kembali jam aktivitas kawasan ekonomi pasar lama hingga pukul 18.00 WIB.

“Oleh karena itu, kita harap dukungan dan kerja sama masyarakat karena arahan dari pusat kita harus melihat dinamika masyarakat. Kapan kita ngegas kapan kita ngerem sehingga perekonomian juga tetap berjalan,” kata Arief.

2. Arief meyakini gelombang kedua COVID-19 sudah terjadi

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Kota Tangerang Bersiap Jam Malam Sebuah ondel-ondel dipasangi masker di kawasan Kramat Pulo, Jakarta, Kamis (13/8/2020) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Melihat kondisi saat ini, lanjut Arief, gelombang kedua atau second wave diyakini telah terjadi karena sejumlah daerah lainnya juga mengalami peningkatan jumlah kasus.

“Sekarang kita masih lakukan penyemprotan, dan koordinasi dengan gugus tugas lingkungan selain itu kita terus lakukan razia aman bersama dalam penerapan protokol kesehatan baik di pabrik maupun tempat lainnya,” kata Arief.

Baca Juga: Puluhan Karyawan Positif, Pabrik di Kota Tangerang Jadi Klaster Corona

3. Depok dan Bogor sudah terapkan jam malam

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Kota Tangerang Bersiap Jam Malam Bima Arya Sugiarto dalam Webinar Eps. 3 #MenjagaIndonesia by IDN Times dengan tema "Kisah Mereka Garda Terdepan Negeri" (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebagaimana diketahui penerapan jam malam dilakukan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya guna menekan penyebaran virus COVID-19. Hal serupa juga diterapkan Pemerintah Kota Depok yang memberlakukan jam malam sehingg aktivitas warga hingga Pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: PSBB Diperpanjang, Pemkot Tangerang Minta Bantuan Alat PCR

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya