Comscore Tracker

KPU RI Lakukan Simulasi Pilkada Serentak 2020 di Tangsel

KPU: protokol kesehatan harus diimplementasikan

Tangerang Selatan, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengikuti simulasi pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kota Tangerang Selatan, Sabtu (12/9/2020). Dalam sambutannya, Arief menyampaikan dua pesan penting dalam pelaksanaan pemungutan suara di Pilkada 2020.

"Pertama, bahwa 9 Desember nanti akan dilakukan pemungutan suara dengan regulasi baru dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Sehingga simulasi ini, jadi sosialisasi untuk pelaksanaan tersebut," kata Arief, di Lapangan Cilenggang, Serpong, Kota Tangsel, Sabtu (12/9/2020).

Baca Juga: Nih Daftar Bapaslon yang Maju di Pilkada Serentak 2020 di Banten 

1. KPU ingin protokol kesehatan diimplementasikan

KPU RI Lakukan Simulasi Pilkada Serentak 2020 di TangselDok. KPU Tangsel

Kedua, lanjutnya, kami ingin memastikan bahwa yang protokol kesehatan COVID-19 dapat diimplementasikan baik oleh penyelenggara KPU dan masyarakat. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Serta ketentuan lainnya seperti tidak datang di waktu yang sama dan sebagainya.

Arief menerangkan, semua pihak harus terlibat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2020.

2. Pemilih yang suhu tubuhnya tinggi mencoblos di bilik khusus

KPU RI Lakukan Simulasi Pilkada Serentak 2020 di TangselAntara Foto/Muhamad Iqbal

Bagi para pemilih yang suhu tubuhnya mencapai 37,3 derajat celcius, akan diarahkan untuk mencoblos di bilik khusus.

"Untuk pemilih yang suhu tubuhnya di atas batas yang ditentukan, akan diarahkan ke bilik khusus dan jalur khusus yang disediakan di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga tidak menyatu dengan pemilih lain sebagai antisipasi pencegahan COVID-19 kata dia.

3. Pilkada di tengah pandemik, keselamatan warga jadi paling utama

KPU RI Lakukan Simulasi Pilkada Serentak 2020 di TangselAntara Foto/Muhamad Iqbal

Arief berharap, pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada 2020 di tengah pandemik COVID-19 terlaksana dengan baik sesuai protokol kesehatan yang ditentukan.

"Dua hal penting yang ditekankan dalam pelaksanaan Pilkada di tengah pandemik COVID-19 ini, yakni kesehatan dan keselamatan. Segala daya upaya, pemilih peserta dan penyelenggara tetap sehat dengan standar keselamatan tinggi," tutupnya.

Simulasi pemungutan suara Pilkada 2020 tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu RI Abhan, perwakilan BPNB, dan jajaran Forkopimda lainnya. Rencananya simulasi tersebut bakal dilakukan secara bergiliran di daerah lain yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

Baca Juga: Tangsel Kembali Masuk Zona Merah!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya