Longsor Tutup Aliran Kali, 30 Rumah di Tangsel Kebanjiran

Longsoran berasal dari turab yang roboh

Tangerang Selatan, IDN Times - Sedikitnya 30 rumah di Perumahan Nerada, Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terendam banjir akibat luapan air yang berasal dari anak Kali Pesanggrahan yang tertutup runtuhan material longsor di komplek Telkom, Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

“Warga yang dievakuasi alhamdulillah tidak banyak hanya untuk sementara mengungsi di tempat yang kering saja. Karena banjirnya hanya air lewat,” kata Lurah Cipayung, Tomi Patria, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: Ketua KONI Tangsel Rita Juwita Jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah 

1. Aliran air sudah kembali lancar

Longsor Tutup Aliran Kali, 30 Rumah di Tangsel KebanjiranIDN Times/Vanny El Rahman

Ketinggian debit banjir, menurutnya, setinggi betis orang dewasa. Kini material runtuhan tembok yang jatuh ke permukaan kali sudah dievakuasi petugas gabungan sehingga aliran air kembali lancar.

“Efeknya ke perumahan Cipayung Mas. Kalau tidak lancar, khawatirnya air akan merendam lagi. Cipayung Mas ini lagi antisipasi karena kalau air tertutup maka akan terendam hingga satu meter,” jelas Tomi.

2. Banjir disebabkan longsornya turab

Longsor Tutup Aliran Kali, 30 Rumah di Tangsel KebanjiranDok. IDN Times/Supri

Menurutnya, akibat intensitas curah hujan tinggi turab setinggi 30 meter roboh. “Kali itu kemudian tertutup oleh turab. Dan kemudian air kali itu mencari jalan keluar ke perumahan ini,” ujarnya.

3. Alat berat diterjunkan hilangkan longsor

Longsor Tutup Aliran Kali, 30 Rumah di Tangsel KebanjiranIDN Times/Vanny El Rahman

Informasi yang didapat alat berat kini telah di lokasi kejadian untuk mengangkut material lumpur yang menutupi aliran kali.

Material longsor menutupi aliran kali sepanjang 100 meter. Insiden longsor juga mengakibatkan dua orang luka ringan dan sejumlah warga terpaksa harus mengungsi.

Baca Juga: BOR Khusus COVID-19 Tangsel Capai 50 Persen 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya