Pembangunan Perumahan Skala Besar Kabupaten Tangerang Sudah Mendesak!

Kementerian PUPR: pemerintah dan pengembang berkolaborasi

Tangerang, IDN Times - Direktorat Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menyebut, pengembangan perumahan berskala besar dengan hunian layak di wilayah Kabupaten Tangerang harus segera digencarkan karena sudah sangat mendesak.

"Kementerian PUPR menilai pengembangan perumahan skala besar di Kabupaten Tangerang sangat mendesak untuk dilakukan," kata Khalawi Abdul Hamid, seperti ditulis Antaranews, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

1. Kolaborasi pemerintah pusat, daerah, dan pengembang sangat diperlukan

Pembangunan Perumahan Skala Besar Kabupaten Tangerang Sudah Mendesak!IDN Times/Kevin Handoko

Khalawi mengatakan, keputusan itu merupakan hasil dari kegiatan audiensi pengembangan perumahan dan permukiman skala besar di Kabupaten Tangerang antara Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang di BSD Tangerang, Banten, Kamis (27/5/2021).

Khalawi mengatakan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pengembang perumahan serta masyarakat untuk mewujudkan hunian layak bagi masyarakat sangat diperlukan.

2. Pemenuhan rumah bagi masyarakat di tengah pandemik jadi fokus pemerintah

Pembangunan Perumahan Skala Besar Kabupaten Tangerang Sudah Mendesak!Ilustrasi rumah KPR (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Menurut Khalawi, pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat di masa pandemik COVID-19 perlu menjadi salah satu fokus pemerintah. Melalui program Sejuta Rumah, pemerintah ingin agar setiap masyarakat bisa menempati hunian yang layak.

Menurut dia, Kabupaten Tangerang sebagai kawasan penyangga ibu kota Jakarta memiliki lahan yang yang cukup luas untuk dijadikan pilot proyek pengembangan perumahan skala besar. "Namun untuk mewujudkan hal itu kami butuh dukungan dari Pemda dan pengembang serta masyarakat," katanya.

3. Banyak pemukiman kumuh di Kabupaten Tangerang harus dapat penanganan khusus

Pembangunan Perumahan Skala Besar Kabupaten Tangerang Sudah Mendesak!Wilayah Dadap, Kabupaten Tangerang (IDN Times/Candra Irawan)

Khalawi menambahkan, dia juga sering berkunjung ke lapangan, ke sejumlah daerah di Kabupaten Tangerang. Menurutnya, banyak perumahan yang dibangun pengembang besar, tapi di sisi lain masih banyak daerah-daerah yang masuk dalam kategori kawasan kumuh sehingga membutuhkan penanganan khusus.

Sebagai upaya mewujudkan pengembangan perumahan skala besar, lanjutnya, setidaknya Pemkab Tangerang juga harus memiliki komitmen, peruntukkan lahan sesuai RTRW dan RDTR, peraturan RP3KP serta pembebasan lahan sekurangnya 50 persen dari luas lahan yang diperlukan.

"Kami juga ingin agar penataan hunian di kawasan Kabupaten Tangerang bisa berjalan dengan baik. Kami juga siap memberikan dukungan infrastruktur dalam pembangunan perumahan skala besar sesuai kebutuhan dari Pemkab Tangerang," katanya.

Baca Juga: Tangerang Zona Kuning, Satgas: Data Klaster Libur Lebaran Belum Masuk

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya