Pemkot Tangerang Asuransikan 33 Ribu Pohon, untuk Apa? 

Warga yang tertimpa pohon bisa mengklaim asuransi

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan (Disbudparman) Kota Tangerang mengasuransikan 33 ribu pohon, dengan anggaran Rp200 juta.

Tujuan asuransi tersebut agar bisa diklaim masyarakat yang menjadi korban pohon tumbang di Kota Tangerang.

Baca Juga: 2 Pasar Tradisional Kota Tangerang Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

1. Pohon yang diasuransikan ada di jalan dan RTH

Pemkot Tangerang Asuransikan 33 Ribu Pohon, untuk Apa? Ilustrasi Pohon Kayu Putih/Melaleuca Cajuputi (IDN Times/Sunariyah)

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan pada Disbudparman Kota Tangerang, Hendri Pratama Syahputra mengatakan 33 ribu pohon yang berada di jalan serta Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Pohon tumbang itu merupakan bencana alam dan tidak bisa diprediksi, makanya kita asuransikan yang sifatnya memberikan santunan bagi warga yang terdampak," jelasnya, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Puncak Musim Hujan di Kota Tangerang Terjadi di Februari 2022

2. Selain asuransi, pohon juga diberi perawatan

Pemkot Tangerang Asuransikan 33 Ribu Pohon, untuk Apa? Ilustrasi Pohon Kayu Putih/Melaleuca Cajuputi (IDN Times/Sunariyah)

Hendri mengatakan, asuransi merupakan perlindungan bagi masyarakat. Di sisi lain Disbudparman pun tetap merawat tanaman itu. Pihaknya juga tetap membuka layanan aduan perihal pohon yang dikawatirkan akan tumbang, saat musim hujan.

"Pohon kita pangkas rutin selama tujuh hari penuh, sesuai jadwal dan permohonan masyarakat," kata dia.

Di sisi lain, pihaknya juga membuat spanduk berisi imbauan agar warga tidak berteduh di pohon serta media reklame saat hujan lebat serta angin. "Lalu kami juga membentuk tim inventarisasi kondisi pohon untuk mengecek pohon rawan tumbang," ujarnya.

3. Ini syarat klaim asuransi

Pemkot Tangerang Asuransikan 33 Ribu Pohon, untuk Apa? Salah satu produk asuransi yang ramah bagi kantong masyarakat dihadirkan PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance). (Dok. BRI)

Baca Juga: 5 Fakta Gedung Sekolah Dasar Disegel di Kabupaten Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya