Polisi Gelar Skrining COVID-19 Acak Saat Malam Tahun Baru di Tangsel

Pemkot Tangsel siagakan 9 posko di titik keramaian

Tangerang Selatan, IDN Times - Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar pengecekan sertifikat keterangan vaksinasi dan rapid tes acak terhadap warga pengguna jalan yang berkendara saat malam pergantian tahun, 31 Desember nanti.

Pengecekan tersebut, rencananya akan dilakukan pada titik-titik posko perbatasan Kota Tangsel, dengan kota dan kabupaten lainnya di sekitar Tangsel. 

"Nanti (malam tahun baru) di perbatasan masuk wilayah Tangsel, kita akan lakukan pengecekan kartu vaksin," kata Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan, AKP Dicky Dwi Prambudi Sutarman, Selasa (21/12/2021). 

Baca Juga: Pemkot Tangsel Buka Sentra Vaksinasi Anak di Mal, Ini Lokasinya

1. Sebanyak 96 personel polantas bersiaga di perbatasan Tangsel

Polisi Gelar Skrining COVID-19 Acak Saat Malam Tahun Baru di TangselPara personel Polantas saat ikut apel gabungan operasi zebra di Mapolda Jateng. (Dok Humas Polda Jateng)

Dicky menegaskan, pada pelaksanaan pengecekan dan pengaturan arus lalu lintas pada periode malam tahun baru nanti. Sebanyak 96 personel lalu lintas diturunkan untuk bertugas di wilayah perbatasan Tangsel, melingkupi perbatasan Jakarta Selatan, Depok, Kabupaten Bogor, Tangerang dan Kota Tangerang. 

"Personel lantas ada 96 yang kita turunkan. Selain itu juga ada rapid tes (secara acak)," jelas dia. 

2. Pemkot Tangsel siapkan 9 titik posko

Polisi Gelar Skrining COVID-19 Acak Saat Malam Tahun Baru di TangselANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Langkah itu, kata Dicky, sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran COVID-19. Terlebih, varian baru Omicron yang telah menginfeksi ke Tanah Air.

Pemerintah Kota Tangsel, menyiapkan sejumlah petugas dan posko di sejumlah titik keramaian di Tangsel, guna memantau aktifitas dan kegiatan masyarakat pada periode Natal dan tahun baru 2021-2022. 

"Walaupun PPKM levelnya nanti level I, tetap ada pengaturan khusus masalah Natal dan Tahun Baru," kata Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, Selasa (21/12/2021).

Lebih lanjut Benyamin menjelaskan, pihaknya selalu membuat 9 posko taktis setiap kali perayaan Natal dan tahun baru, meskipun tidak ada COVID-19. Posko itu berisi petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, dinas kesehatan, hingga Palang Merah Indonesia (PMI). 

"Segala macam itu nanti akan kami siapkan posko untuk memantau kondisi lingkungan," terangnya. 

3. Catat, ini lokasi 9 titik posko taktis

Polisi Gelar Skrining COVID-19 Acak Saat Malam Tahun Baru di TangselIlustrasi posko COVID-19 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Lanjut Benyamin, 9 posko taktis akan disebar di 7 Kecamatan seperti di wilayah Kecamatan Ciputat, yang ditempatkan di kolong Fly Over Ciputat dan Kecamatan Pamulang, di Pamulang Square.

"Seperti biasa, titiknya sudah ditentukan biasanya di fly over Ciputat, Setu, Pamulang Square," kata dia.

Baca Juga: Benyamin Minta ASN di Tangsel Gak Berperilaku Aneh-aneh 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya