Server PPDB SMA Negeri di Banten Eror! Ortu Harap Gak Ada Kecurangan 

Semoga servernya cepat pulih yah

Kota Tangerang, IDN Times - Proses Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi melalui sistem daring membuat orangtua calon siswa di Kota Tangerang harus rela berjaga 24 jam agar bisa memasukkan anaknya ke jenjang SMA negeri.

Hal itu yang dirasakan Iwan, salah seorang wali murid di Kota Tangerang yang merasa kesulitan mengakses situs PPDB Provinsi Banten untuk mendaftarkan anaknya ke SMA Negeri 3 Ciledug dan SMA Negeri 9 Pinang.

Dia mengaku sudah memantau situs PPDB online sejak pukul 1 dinihari. Namun, hingga Senin siang, situs tersebut masih down.  "Kalaupun bisa, situs lemot banget. Ini saya sama istri sama anak saya sampai gantian mantengin situsnya," kata Iwan kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Antisipasi Keluhan Pada Server PPDB, Pemkot Tangerang Buka Posko Aduan

1. Tak ada kejelasan berapa jumlah siswa yang akan diterima di tiap SMA negeri

Server PPDB SMA Negeri di Banten Eror! Ortu Harap Gak Ada Kecurangan ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Iwan menilai, proses PPDB di jalur SMA sangat tertutup dan tidak transparan. Salah satu indikasinya, kata dia, dia belum mengetahui berapa jumlah total siswa yang diterima untuk masing-masing sekolah.

Hal itulah yang membuatnya khawatir anaknya tidak bisa masuk ke sekolah yang dituju bila tidak memantau situsnya.

"Harusnya pihak Dinas Pendidikan melalui sekolah SMP ngasih tahu kuotanya masing-masing sekolah, berapa untuk masing-masing zonasi. Ini malah diem saja kayak terkesan tertutup. Makanya kita orangtua sampai bela-belain mantengin situsnya," lanjutnya.

2. Datangi ke sekolah, Iwan hanya diberitahu tunggu server website pulih

Server PPDB SMA Negeri di Banten Eror! Ortu Harap Gak Ada Kecurangan Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Iwan mengaku sudah mencoba datang ke sekolah yang ingin dituju sang anak, namun pihak sekolah mengaku masih menunggu instruksi dari Dinas Pendidikan dan minta orang tua calon murid untuk bersabar atas down-nya situs PPDB tingkat SMA itu.

"Tapi panitia disekolah coba bisa menganjurkan menunggu server PPDB nya kembali baik dan bisa melakukan proses penerimaan. Karena mereka sendiri gak ada solusinya dan bilang pihak Dinas Pendidikan Provinsi yang menanganinya," kata Iwan.

3. Iwan harap tak ada kecurangan

Server PPDB SMA Negeri di Banten Eror! Ortu Harap Gak Ada Kecurangan ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Iwan dan istrinya berharap tidak ada kecurangan dalam proses PPDB untuk jalur Zonasi di SMA negeri itu. Karena berdasarkan informasinya, ada beberapa orang tua yang menginginkan anaknya sekolah di Sekolah tertentu mereka rela mengubah data-data domisili demi bisa masuk dalam zonasi SMA negeri yang ditujunya.

"Kami sih saat ini berharap anak saya bisa masuk ke SMAN 3 atau SMAN 9 karena memang kalau dilihat zonasinya masuk. Asal jangan ada kecurangan saja, karena banyak yang bilang kalau saat PPDB gini banyak oknum yang nawarin utuk merubah data-data domisili," kata dia.

4. PPDB jalur zonasi dimulai hari ini

Server PPDB SMA Negeri di Banten Eror! Ortu Harap Gak Ada Kecurangan (Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sebagaimana diketahui, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat pendidikan SMA negeri sudah resmi dibuka hari ini untuk jaur zonasi, Senin (21/6/2021).

Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten menetapkan empat jalur penerimaan siswa SMA dalam PPDB ini, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orangtua, dan jalur prestasi dan pendaftaran PPDB jenjang SMA di Kota Tangerang dapat dilakukan secara daring melalui situs https://ppdb.bantenprov.go.id/ atau luring ke sekolah yang dituju mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Komisi II DPRD Minta Kuota PPDB SMP Hanya untuk Warga Kota Tangerang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya