Menolak Dikirim ke Suriah, 10 TKI Telantar di Bandara Dubai

3 orang TKI yang telantar di Bandara Dubai asal Banten

Banten, IDN Times - Sebanyak 10 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) telantar di Bandara Internasional Sharjah, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Mereka tertahan di bagian imigrasi bandara karena visa habis.

Setelah tertahan selama tiga hari sejak Senin (23/12), salah satu TKI melaporkan kondisi tersebut ke keluarga di Serang dan pihak keluarga mengadukan masalah tersebut ke posko Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Banten pada Rabu (25/12).

Saat dikonfirmasi, Ketua SBMI Banten Maftuh Hafi Salim mengatakan, kesepuluh TKI rencananya akan dikirim oleh pihak agen penyalur TKI di Dubai ke negara Suriah. Namun tiba di bandara mereka menolak berangkatkan ke Suriah dan memilih tetap di bandara hingga tertahan.

"Kemarin malam sekira jam 12 mereka mengabarkan kami. Di Bandara setelah lapor ke saya sudah 3 hari. Mereka ngumpul di Bandara dipaksa berangkat oleh agen dia tidak mau, dia bertahan di situ," kata Maftuh saat dikonfirmasi, Jumat (27/12).

1. 3 orang TKI yang terlantar di Bandara Dubai asal Serang, Banten

Menolak Dikirim ke Suriah, 10 TKI Telantar di Bandara Dubai(Ilustrasi perdagangan orang) Dok. SBMI.or.id

Dari 10 buruh migran asal Indonesia yang terlantar tiga di antaranya asal Kabupaten Serang, Banten yakni Eliyanah, Safitry dan Milah. Sedangkan ketujuh korban lainnya bernama Hani Samaniyah, Neneng Sarah, Dais, Wulan, Hany, Ai lilis dan Nasiah.

"Yang dari Banten tepanya asal Kabupaten Serang ada tiga orang, dua orang dari Lontar dan satu orang asal Lebakwangi. Sisanya mereka dari Cianjur, Karawang dan Sukabumi," katanya.

Baca Juga: Dijanjikan ke Arab, TKI Asal Malang Malah Dikirim ke Suriah

2. Mereka sudah bekerja di Dubai dan menolak dipindahkan ke Suriah

Menolak Dikirim ke Suriah, 10 TKI Telantar di Bandara Dubai(TKI telantar di Bandara Internasional Sharjah, Dubai, Uni Emirat Arab) Dok. SBMI Banten

Berdasarkan keterangan para buruh migran yang terlantar, mereka sudah bekerja di Dubai sekitar tiga sampai lima bulan sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT). Kemudian akan dipindahkan ke Suriah oleh pihak agen, namun mereka menolak karena Suriah merupakan negara konflik.

"Mereka sudah bekerja di Dubai jadi mereka akan dikirim dipindah tempat ke Suriah tapi mereka tidak mau dipindah ke Suriah karena negara konflik akhirnya mereka bertahan di bandara sampai visa habis," katanya.

3. Pihak agen melarikan diri setelah mendapat perlawanan dari korban

Menolak Dikirim ke Suriah, 10 TKI Telantar di Bandara DubaiFacebook/SBMI

Maftuh menjelaskan, saat kesepuluh TKI tersebut menolak untuk dikirim ke Suriah, mereka sempat dipaksa namun berhasil melawan dan berhasil melaporkan ke pihak keamanan bandara.

"Ya pihak agen kabur karena 10 TKI tersebut lapor ke kepolisian Bandara Sharjah Dubai," katanya.

4. Peristiwa tersebut sudah ditangani KBRI Dubai

Menolak Dikirim ke Suriah, 10 TKI Telantar di Bandara Dubai(TKI telantar di Bandara Internasional Sharjah, Dubai, Uni Emirat Arab) Dok. SBMI Banten

Setelah mendapat laporan dari korban, SBMI Banten langsung berkoordinasi dengan pihak Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan KBRI Dubai. Saat kesepuluh buruh migran tersebut sudah ditangani oleh pihak KBRI untuk dipulangkan ke Indonesia.

"Sekarang masih telantar di bandara tapi pihak KBRI sudah menemui di sana untuk memberikan makan dan sebagainya. Tetap tidak bisa keluar karena visa habis dan masih diurus," katanya.

Baca Juga: Menteri Ketenagakerjaan Baru Cari Siasat Kurangi TKI ke Luar Negeri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya