Comscore Tracker

3.000 Personel Polda Banten Akan Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru

Objek wisata Pantai Anyer masuk prioritas pengamanan

Serang, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Banten menyiagakan sekitar 3.000 personel gabungan yang akan dikerahkan selama Operasi Lilin Kalimaya 2019.

Operasi tersebut merupakan operasi tahunan untuk mengamankan objek vital dan rumah ibadah saat perayaan hari Natal dan tahun baru.

1. Akan dimulai pada 23 Desember, berakhir 1 Januari

3.000 Personel Polda Banten Akan Amankan Perayaan Natal dan Tahun BaruToko Anugerah di Jalan Diponegoro, Tuban yang menjual pernak-pernik Natal. IDN Times/Imron

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengatakan, personel gabungan akan disiagakan mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Personel gabungan terdiri dari Polda Banten termasuk Polres jajaran bersama dengan Korem 064/Maulana Yusuf, Dinas Perhubungan, Basarnas, Jasa Raharja, Sat Pol PP, dan lainnya yang disiagakan selama 10 hari pelaksanaan operasi.

"Pola pengamanan akan kita matangkan besok dan Rakor Eksternal nanti. Rencananya besok akan kita gelar Latpra Ops Lilin Kalimaya 2019," kata Tomsi.

Baca Juga: PT KAI Sediakan 13 Kereta Api Tambahan untuk Natal dan Tahun Baru

2. Objek wisata Anyer dan Citorek jadi prioritas

3.000 Personel Polda Banten Akan Amankan Perayaan Natal dan Tahun BaruIDN Times/Reynaldi

Pihaknya mengaku akan berupaya maksimal dalam menciptakan situasi yang kondusif. Setidaknya 32 Pos Pengamanan dan 19 Pos Pelayanan didirikan.

"Dari ribuan personel gabungan itu, akan disebar di beberapa titik pengamanan. Polda Banten memfokuskan titik Pelabuhan Penyeberangan Merak, Pelabuhan Bojonegoro, Terminal, Stasiun KA, dan objek wisata pantai Anyar, Carita dan Citorek," kata Tomsi.

3. Penyiagaan personel juga untuk menjaga arus mudik seperti Pelabuhan Merak

3.000 Personel Polda Banten Akan Amankan Perayaan Natal dan Tahun BaruIDN Times / Larasati Rey

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata menambahkan, titik pengamanan terpusat di beberapa lokasi pelabuhan, terminal, objek wisata, tempat ibadah dan pusat perbelanjaan atau pusat keramaian.

Polda Banten dan jajarannya akan mengantisipasi gelombang pertama pemudik yang diprediksi pada 21 dan 22 Desember 2019.

"Tidak menutup kemungkinan akan terjadi peningkatan di akhir pekan ini. Namun kita suda mempersiapkan segala kemungkinan yang ada nanti," kata Edy.

Ia mengatakan, kehadiran Polri bersama TNI, dan Dinas terkait lainnya bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat.

Baca Juga: Kisah Mistis di Villa Stephanie, Tempat Terparah Tsunami Banten 2018 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya