Comscore Tracker

6 Tempat Rekomendasi Buat Ngabuburit di Tangerang

Siapkan rencana kamu untuk ngabuburit dengan pas

Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan saat menanti waktu berbuka puasa. Nah, salah satunya adalah dengan ngabuburit.

Ya, ngabuburit menjadi tradisi yang lekat dengan bulan Ramadan. Praktik ini muncul gak hanya di Banten, tapi juga di daerah lain loh. 

Diketahui, usut punya usut ngabuburit berasal dari kata dasar "burit" yang berarti sore atau petang, hal ini bermakna melakukan kegiatan untuk mengisi waktu seraya menanti tibanya sore hari. Ngabuburit bisa dilakukan dengan berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata atau menikmati panorama alam.

Nah di Tangerang, ternyata banyak lokasi ngabuburit yang asyik nih.  Tangerang memiliki beberapa tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, dan wisata air dengan keindahan di setiap tempat.

Berikut adalah enam rekomendasi tempat populer dan Instagrammable untuk menemani aktivitas ngabuburit kamu di Tangerang.

Baca Juga: Ini Larangan Kegiatan pada Momen Ramadan di Tangerang Raya

1. Scientia Square Park 

6 Tempat Rekomendasi Buat Ngabuburit di Tangerang6 Tempat Rekomendasi buat Ngabuburit di Tangerang (instagram.com/scientiasquare.park)

Tempat wisata satu ini berlokasi di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Posisinya dekat dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang.

Tempat ini menawarkan suasana hijau dengan berbagai wahana dan fasilitas. Kamu dapat menaiki kuda, memberi makan kelinci dan ikan koi, serta terdapat area untuk bermain skateboard dan wall climbing.

Selain itu, di sana juga terdapat Teepe Barn yang merupakan area untuk bermain dengan hewan ternak lucu seperti alpaca, keledai, sapi, kuda, ayam dan lainnya. Saat menjelang buka puasa, kamu bisa berburu sajian makanan dan minuman di restoran Scientia Square Park dengan menu yang beragam mulai dari gorengan sampai dengan makanan berat.

Puasa kamu akan berkesan dengan keseruan berkeliling di Scientia Square Park.

2. Kawasan Danau Cipondoh 

6 Tempat Rekomendasi Buat Ngabuburit di Tangerang6 Tempat Rekomendasi buat Ngabuburit di Tangerang (instagram.com/isparmo)

Berlokasi di Jl. Kyai Haji Hasyim Ashari, Kota Tangerang, kawasan wisata ini cukup digandrungi warga untuk ngabuburit. Apalagi lokasi ini baru saja selesai revitalisasi bulan Januari 2023, kini kawasan danau Cipondoh telah berubah drastis.

Kawasan ini menjadi lebih tertata dan kamu dapat menikmati beberapa fasilitas baru seperti jogging track dan aula beratap putih yang menyerupai Sidney Opera House. Suasana yang sejuk dengan angin yang bersemilir akan menemani ngabuburit kamu bersama keluarga atau teman.

Kawasan Situ Cipondoh menyediakan beberapa sarana rekreasi seperti bebek terapung, sepeda air, dan juga perahu yang bisa membawa kamu berkeliling menyusuri danau.

Kamu juga dapat berfoto ria pada spot yang instagrammable di Kawasan Situ Cipondoh, menarik bukan?

3. Hutan Jati Sindang Panon 

6 Tempat Rekomendasi Buat Ngabuburit di Tangerang6 Tempat Rekomendasi buat Ngabuburit di Tangerang (instagram.com/gallery_hutanjati_sindangpanon)

Hutan Jati Sindang Panon memiliki tempat yang nyaman dan instagramable, cocok menjadi referensi ngabuburit kamu bersama keluarga atau teman. Hutan Jati Sindang Panon berlokasi di Kampung Kendal, Desa Sindang Panon, Kecamatan Sindang Jaya kabupaten Tangerang.

Di dalam Hutan Jati ini terdapat banyak wahana bermain seperti rumah balon, wahana berkuda dan lainnya. Selain itu, tempat ngabuburit ini juga terkenal akan deretan hammock atau ayunan dari kain yang dipasang berjajar. Kamu dapat ngabuburit sambil menambah koleksi foto pribadi kamu.

4. Tebing Koja 

6 Tempat Rekomendasi Buat Ngabuburit di Tangerang6 Tempat Rekomendasi buat Ngabuburit di Tangerang (instagram.com/tebing_koja)

Tebing Koja bermula dari area tambang pasir yang sudah lama tidak aktif dan menyisakan tebing-tebing kapur menjulang tinggi nan indah. Gak hanya itu, mata pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan perkebunan dan persawahan di sekitarnya. 

Selain itu terdapat rawa dengan air berwarna kehijauan yang berasal dari air hujan. Air berwarna kehijauan tersebut menambah keindahan pemandangan di Tebing Koja ini. Tak heran jika Tebing Koja juga dijadikan referensi tempat ngabuburit menyenangkan bersama keluarga dan teman.

Tebing Koja ini berlokasi di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Satu lagi nih, keseruan yang dapat dilakukan adalah naik perahu atau sampan untuk mengelilingi kolam dengan disuguhi pemandangan tebing-tebing nan cantik.

5. Masjid Al-Azhom

6 Tempat Rekomendasi Buat Ngabuburit di Tangerang6 Tempat Rekomendasi buat Ngabuburit di Tangerang (instagram.com/abouttng)

Masjid Al-Azhom merupakan masjid kebanggan warga Kota Tangerang yang letaknya tak jauh dari Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Masjid ini cocok menjadi lokasi ngabuburit karena biasanya ketika ramadhan komplek area masjid ini akan dipenuhi oleh pedagang-pedagang takjil. Usai ngabuburit, kamu langsung bisa berbuka puasa sekaligus melaksanakan sholat maghrib deh! 

Baca Juga: Pemkot Tangerang Berencana Kembangkan Konsep Wisata Religi di Al Azhom

6. Pasar Lama

6 Tempat Rekomendasi Buat Ngabuburit di TangerangPedagang Takjil di Pasar Lama Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Siapa ya yang gak tahu Pasar lama? Lokasi tempat jajanan para pecinta kuliner ini wajib juga nih masuk daftar tempat rekomendasi untuk ngabuburit.

Varian jajanan yang beragam, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat, semuanya dijamin bikin pecinta kuliner makin jatuh cinta. Jadi menu buka puasa yang kamu makan bisa lebih berwarna. Buat yang belum tahu lokasinya di mana, ini dia alamatnya di Jalan Kisamaun, RT 001 RW.006, Pasar Lama, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

 

Nah itu dia lokasi ngabuburit asik di Tangerang. Mana nih kira-kira lokasi ngabuburit favorit kamu? 

Anggun Tifani Photo Community Writer Anggun Tifani

Seorang Ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya