Comscore Tracker

Pantai Cihara Banten Sajikan Deburan Ombak Nan Eksotis

Usir penat dengan pemandangan pantai yang eksotis

Provinsi Banten memang identik dengan adanya wisata Cagar Alam Ujung Kulon yang secara perlahan bisa dikenal secara internasional. Selain memberikan daya tarik badak bercula satu juga menghadirkan Pantai Cihara Banten yang sangat eksotis.

Ditambahkan dengan adanya Pulau Peucang dan Panaitan, membuat kawasan ini banyak digemari para wisatawan hingga ke mancanegara. Sehingga tidak hanya terkenal dengan kesenian debus saja namun juga pesisir pantai yang sangat indah.

Baca Juga: Lagi di Lebak? Nih 7 Kafe di Lebak yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Akses transportasi menuju lokasi wisata

Pantai Cihara Banten Sajikan Deburan Ombak Nan Eksotispexels.com/Ellie Burgin

Kawasan pantai pasir putih di Cihara, Lebak Banten tepatnya di Kampung Sukahujan, Desa Ciparahu. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kamu akan disuguhkan pemandangan yang tak kalah menyejukkan mata, yakni hamparan sawah. 

Nah, sayangnya lokasi wisata alam ini masih belum dilengkapi transportasi umum. Untuk itu, sebaiknya kamu membawa kendaraan pribadi ketika menuju ke sana.

Jika berangkat dari Malingping, perjalanan akan memakan jarak tempuh sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit.

Selain itu, tujuan wisata ini juga belum dilengkapi dengan penginapan. Untuk itu, kamu sebaiknya berangkat pagi-pagi sehingga bisa puas menikmati pemandangan, sebelum akhirnya pulang. 

Jika kamu lapar, tenang. Di sana ada beberapa warung sederhana yang bisa kamu datangi untuk membeli makanan ringan atau berat. 

2. Karakteristik Pantai Cihara

Meskipun memang belum dilengkapi fasilitas yang memadai, pantai pasir putih Cihara Banten mempunyai karakteristik berbeda. Di sisi kanan pantai terdapat hempasan ombak yang cukup besar dari Laut Selatan Jawa dan berbenturan dengan batu cadas dan karang. Inilah yang menjadi daya tarik dari pantai pasir putih.

Sementara itu untuk sisi kiri pantai terhias oleh hamparan pasir dengan warna putih kecoklatan. Pada area ini pengunjung bisa dimanfaatkan untuk bermain pasir ataupun ombak di pinggir pantai, namun pengunjung harus berhati-hati meskipun terdapat karang di sekitaran.

3. Fasilitas belum lengkap, tapi pantai ini terbilang bersih

Pantai Cihara Banten Sajikan Deburan Ombak Nan EksotisPantai Cihara (ksmtour.com)

Kawasan pantai memang belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, namun jangan ragu soal kebersihan dan kenyamanannya. Sebab area pantai sangat terawat oleh masyarakat sekitar yang turut serta menjaga kelestarian alam dari pantai tersebut.

Salah satu objek wisata di daerah Banten yang harus kamu kunjungi karena menyuguhkan pesona tiada duanya. Penduduk lokal sangat ramah dan menyambut pengunjung dengan baik, entah itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Suguhan Pantai Cihara yang mempunyai karakter banyak tebing di pinggirannya menjadikan ciri khas berbeda. Tempat ini mendukung untuk kamu yang ingin mengambil gambar karena pemandangannya sangat bagus dan unik.

4. Pantai Pasir Putih Cihara untuk mencari ketenangan

Pantai Cihara Banten Sajikan Deburan Ombak Nan EksotisIlustrasi pantai (IDN Times/Sunariyah)

Meskipun area pantai ini mempunyai hantaman ombak setinggi 3 meter, namun tidak mengurangi ketenangan yang diberikan. Justru deburan ombak ke batu karang menjadi nyanyian yang menenangkan pikiran pengunjung.

Pantai pasir putih bisa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga untuk mencari ketenangan. Selepas dari kegiatan setiap hari dari hiruk-pikuk kota dan kemacetan.

5. Alasan di balik penamaan Pasir Cihara

Warga sekitar yang mengatakan sebagai pantai pasir putih itu merujuk pada nama Pantai Cihara. Nama tersebut diberikan karena pantai Cihara mempunyai pasir putih yang menutupi keseluruhan areanya dan sebagainya terdapat hamparan batu karang.

Demikianlah beberapa uraian mengenai pantai Cihara Banten yang bisa menjadi referensi untuk kamu berlibur. Daerah Banten tidak hanya terkenal dengan adanya cagar alam ataupun kesenian khasnya, namun keindahan alam pantai yang menakjubkan. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Restoran di Lebak Paling Enak dan Murah

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya