Comscore Tracker

Pantai Karang Songsong Unik dengan Batu Karangnya yang Eksotis

Ke pantai ini, batu karang menyambut kamu

Menikmati keindahan pantai pasir putih memang sangat menarik, namun banyak juga dari wisatawan yang ingin melihat panorama berbeda dari pantai. Salah satu pantai yang memberi pemandangan berbeda adalah Pantai Karang Songsong yang letaknya di sebelah selatan daerah Banten.

Setelah kamu datang ke sini, kamu bisa menikmati pemandangan bebatuan karang cadas yang berada menjorok ke arah laut lepas.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Restoran di Lebak Paling Enak dan Murah

1. Lokasi Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong Unik dengan Batu Karangnya yang EksotisPantai Karang Songsong (Google/Riyanto Ernest)

Pantai ini terletak di Kampung Cibobos, Desa Karangmulyan, Kecamatan Cihara, Lebak, Banten. Nama Karang Songsong berawal dari makna "karang yang menyongsong".

Meskipun memang areanya banyak didominasi oleh batu karang dan cadas, namun pantai ini masih mempunyai pasir putih juga. Sehingga kamu dapat menikmati keindahan pantai dengan 2 nuansa dan panorama sekaligus.

2. Harga tiket masuk ke lokasi Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong Unik dengan Batu Karangnya yang Eksotisilustrasi rupiah (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain menjadi pantai yang menyajikan pemandangan eksotis, alam di sekitar lokasi juga masih asri.

Pantai ini juga mempunyai aspek lain yang membuatnya ramai pengunjung dari berbagai daerah, yakni tiket masuk yang ramah di kantong. Tiketnya berkisar  Rp2 ribu hingga Rp5 ribu untuk setiap orang.

Sementara itu tarif parkir dipatok pada harga 2 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil, pengunjung diberikan keleluasaan mengunjungi pantai pada weekday atau weekend.

2. Akses Menuju ke Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong Unik dengan Batu Karangnya yang Eksotispexels.com/Ellie Burgin

Lokasi pantai ini sebenarnya masuk ke dalam wilayahnya Resort Pengelolaan Hutan Cibobos. Jika kamu ingin berkunjung dan berwisata bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil ataupun sepeda motor.

Namun jika kamu dari luar kota dan tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan jasa sewa beserta driver untuk memudahkan menuju ke lokasi. Sehingga tidak harus membuang waktu di jalan untuk menemukan keberadaan pantainya, selain itu arah ke pantai belum banyak tersedia fasilitas kendaraan umum.

4. Rute Lokasi Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong Unik dengan Batu Karangnya yang EksotisPantai Karang Songsong (Google/Ceng Chiang)

Jika kamu berangkat dari Jakarta menuju ke pantai maka akan menempuh jarak hingga 193,6 kilometer. Dalam konversi hitungan jam maka kamu membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk sampai ke lokasinya. 

Namun jika kamu berangkat dari daerah Tangerang akan menempuh jarak 171.2 kilometer dan waktu 3 hingga 4 jam perjalanan. Berikut inilah tersedia 2 jalur menuju ke pantai:

5. Jalur Pertama

Pada jalur pertama ini kamu bisa berangkat dari Jakarta melewati Tol Jakarta-Merak dan keluar di pintu Tol Serang Timur. Lanjutkan ke arah terminal Pangkupatan Serang dan setelah sampai ambil jalur ke arah kanan untuk menuju Palima.

Dari Palima menuju ke Baros dan arahkan kendaraan ke Pandeglang, saat sudah sampai ambil jalur Saketi ke persimpangan jalur Malingping dan Labuan. Jika kamu ingin ke Karang Songsong, maka kamu harus mengambil arah Malingping.

6. Jalur Kedua Pantai Karang Songsong

Jalur kedua yang bisa ditempuh tanpa melewati jalan tol yakni jika dari Jakarta ambil arah ke Jalan Daan Mogot ke kawasan Kota Tangerang. Kamu bisa mengambil arah ke Cimone dan lanjut ke Cikupa kemudian Balaraja, Cikande dan Kota Serang.

Saat sampai di Terminal Pakupatan ambil arah Palima dan belok kiri ke Baros menuju ke Pandeglang. Tiba di Pandeglang ambil jalur Saketi untuk diarahkan ke jalur persimpangan Malingping dan Lebak, kamu bisa ambil jalur Malingping.

Daya tarik objek wisata Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong Unik dengan Batu Karangnya yang EksotisPantai Karang Songsong (Google/Riyanto Ernest)

Pantai yang indah dan eksotis ini menyajikan daya tariknya seperti:

- Wisata fotografi
- Kegiatan memancing
- Area camping
- Resort Pengelolaan Hutan Cibobos
- Bermain air dan pasir.

Baca Juga: Lagi di Lebak? Nih 7 Kafe di Lebak yang Wajib Kamu Kunjungi

Demikianlah penjabaran mengenai keberadaan Pantai Karang Songsong yang dapat kamu kunjungi. Panorama pantai yang cocok untuk liburan dengan keluarga.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya