Comscore Tracker

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakarta

Rencanakan libur kamu ke Pandeglang dengan prokes ya

Kabupaten Pandeglang di Provinsi Banten memang memiliki banyak sekali hidden gems. Banyak tempat wisata yang masih belum tereksplorasi. 

Gak heran, masih banyak tempat wisata di Pandeglang yang masih sepi pengunjung. Padahal, Pandeglang kaya dengan tempat wisata berbentuk pulau kecil, pantai, wisata alam, dan masih banyak lagi. 

Lokasinya yang masih bisa dijangkau dengan mobil dari Ibu Kota Jakarta, menjadikan Pandeglang salah satu destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan.

Berikut 10 wisata di Pandeglang  paling seru yang bisa kamu masukkan dalam perencanaan liburan. 

1. Pulau Umang

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakartapegipegi.com

Jika ingin berlibur dengan konsep private island dengan penginapan menghadap hamparan laut biru nan luas, maka Pulau Umang bisa jadi salah satu pilihan nih!

Untuk datang ke Pulau Umang, kamu bisa menempuh perjalanan darat sekitar 5-6 jam dari Jakarta, kemudian menyeberang menggunakan speedboat selama 8 menit dari wilayah Kecamatan Sumur.

Selain menginap, Kamu bisa menyewa wahana olahraga air seperti  banana boat, snorkling, jetski, dan lain sebagainya. Pulau Umang berada di Sumberjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten.

2. Pulau Panaitan

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari JakartaTravelPlusIndonesia, Pulau Panaitan, wisata di Pandenglang

Air laut jernih berwarna biru dan pasir pantai berwarna putih siap menyambut Kamu ketika berada di Pulau Panaitan. Terdapat pula dermaga dengan jembatan panjang sebagai tempat bersandar perahu yang mengantarmu ke pulau ini.

Selain air laut dan pasir putih, Kamu juga bisa melihat kumpulan batu karang yang membentang sekitar pesisir pantai. Untuk mengunjungi pulau ini, kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000 saja. Pulau Panaitan berada di Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

3. Pulau Peucang

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakartaujungkulon.org

Pulau Peucang berlokasi di Ujungjaya, Kec. Sumur, Pandeglang. Air lautnya yang sangat jernih, pasirnya yang putih, dan masih asrinya Pulau Peucang mampu menghipnotis setiap mata yang mengunjung pulau ini.

Karena keasrian pulau ini masih terjaga, Kamu bisa melihat langsung fauna-fauna yang tinggal di pulau ini, seperti monyet ekor panjang dan rusa.

Pulau ini cukup jauh dari Sumur. Jika ke Pulau Umang, kamu perlu beberapa menit naik kapal motor, ke Peucang kamu harus berjam-jam.

4. Pantai Tanjung Lesung

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari JakartaAskara.co

Tak kalah dengan Pantai Carita yang ada di Anyer, Pantai Tanjung Lesung juga memiliki air laut biru dan pasir pantai putih yang memanjang pengunjung yang datang. Tempat wisata di Pandeglang ini juga menyimpan banyak spot foto instagramable seperti ayunan yang berada di pinggir pantai, jembatan dermaga, dan langit biru yang siap menjadi background fotomu.

Pantai Tanjung Lesung berada di Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Lesung.

5. Pantai Batu Hideung

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakartawisatacibaliung.com

Sesuai namanya, di Pantai Batu Hideung terdapat beberapa batuan karang yang berwarna hideung (dalam Bahasa Sunda, "hideung" artinya hitam). Selain itu, pantai wisata di Pandeglang ini juga memiliki air laut yang jernih dan pantai pasir putih yang memanjakan mata.

Dengan hanya membayar Rp. 10.000 sebagai tiket masuk, Kamu dapat menikmati panorama Samudra Hindia sejauh mata memandang. Pantai Batu Hideung berlokasi di Jl. Tanjungjaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten.

6. Pantai Daplangu

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakartaitrip.id

Pantai Daplangu menjadi salah satu pintu masuk untuk memasuki Taman Nasional Ujung Kulon. Pantai ini masih sangat sepi pengunjung, sehingga Kamu bisa menikmati langit biru, pasir pantai, dan suara deburan ombak sekaligus menenangkan pikiran di pantai ini.

Walaupun sepi, Pantai Daplangu memiliki fasilitas yang memadai, seperti mushola, toilet, warung makan, dan pendopo untuk pengunjung. Semua keindahan dan fasilitas tersebut dapat Kamu tebus dengan tiket masuk seharga Rp 20.000. Pantai Daplangu berlokasi di Kertajaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

7. Taman Nasional Ujung Kulon

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakartacommons.wikimedia.org

Jika Kamu ingin melihat spesies Badak Jawa yang sudah langka di alam liar, maka Taman Nasional Ujung Kulon adalah tempat yang tepat. Dengan hanya membayar seharga Rp 5.000, Kamu dapat mengunjungi cagar alam sekaligus tempat wisata di Pandeglang yang menjadi tempat pelestarian Badak Jawa yang hampir punah.

Taman Nasional Ujung Kulon ini dijaga dengan ketat keamanannya sehingga keaslian alamnya tetap terjaga dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Taman Nasional Ujung Kulon berlokasi di Kec. Sumur dan Kec. Cimanggu, Kab. Pandeglang, Banten.

8. Curug Putri Tahura

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakartacamerawisata.com

Terkenal dengan julukan sebagai '"Little Green Canyon", Curug Putri Tahura menawarkan keindahan alam serta derasnya aluran sungai dari celah tebing batu yang tinggi. Curug ini berlokasi di Taman Hutan Raya Pandeglang, tepatnya di Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang, Banten.

Untuk melihat air terjunnya, Kamu perlu usaha ekstra dengan berenang melewati aliran sungai yang deras menggunakan pelampung yang disediakan. Tiket Masuk Curug Putri Tahura seharga Rp 15.000.

9. Waterpark Cikole

9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakartacaswaterpark.com

Waterpark Cikole bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengajak keluarga berwisata di Pandeglang. Selain murah, letaknya tak jauh dari pusat kota. Tiket masuknya seharga Rp. 10.000. Lokasinya berada di Jl. AMD Lintas Timur Cikole, Sukaratu, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang, Banten.

Banyak wahana bermain air yang disediakan bagi anak dan orang tua. Selain itu fasilitas, sarana, dan prasarana di sini pun sudah cukup untuk melengkapi keseruan Kamu bermain air. 

Berikut 10 wisata di Pandeglang yang bisa Kamu datangi jika sedang berkunjung ke Pandeglang. Namun, kamu perlu memperhatikan protokol kesehatan karena pandemik belum usai. 

 

Penulis: Ridwan Saleh Fadillah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya