Comscore Tracker

Millennials, Koperasi Bisa Hindarkan Kamu dari Pinjol Loh!

Minat millennial Tangerang pada koperasi masih minim

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Bidang Koperasi Dinas Indagkop UKM Kota Tangerang, Abdul Kholil Kurniawan mengungkap, minat generasi milenial di Kota Tangerang terhadap koperasi masih kurang. Pihaknya pun tengah mendorong percepatan digitalisasi para pelaku koperasi.

"Yang jelas (koperasi) masih didominasi usia dewasa dan para wanita. Nah ini memang perlu kolaborasi dengan dinas yang mengurus kepemudaan," kata Kholil, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Pinjol Ilegal, Hati-hati Mereka Makin Menjamur!

1. Digitalisasi dinilai menjadi kunci untuk menarik minat millennial

Millennials, Koperasi Bisa Hindarkan Kamu dari Pinjol Loh!Ilustrasi aplikasi-aplikasi media sosial. (Pixabay.com/Pixelkult)

Kholil mengatakan, pihaknya mengupayakan para pelaku koperasi membuat aplikasi, agar bisa menarik minat millennial yang kini hidup di era digital.

"Koperasi (untuk) millennial itu, kita dorong menggunakan digitalisasi. Kenapa? Dengan kemudahan yang ditawarkan itu, mereka bisa masuk ke dalam jiwa anak muda," kata Kholil.

2. Koperasi bisa hindarkan millennial dari pinjol

Millennials, Koperasi Bisa Hindarkan Kamu dari Pinjol Loh!Polri ungkap kasus pinjol ilegal yang memfitnah nasabah sebagai bandar narkoba. (dok. Humas Polri)

Dia pun berharap, para pemuda bisa menjadikan koperasi sebagai salah satu faktor penggerak ekonomi masyarakat. Satu hal tak kalah penting, kata dia, koperasi bisa menghindarkan para millennial dan masyarakat umum dari jeratan pinjaman online (pinjol).

"Melalui gerakan pemuda, mulai karang taruna dan sebagainya. Dan jadikan koperasi juga sebagai sarana untuk menyejahterakan ekonomi masyarakat, menghindarkan dari jeratan pinjaman bunga tinggi," kata dia.

3. Kini ada 298 koperasi aktif di Kota Tangerang

Millennials, Koperasi Bisa Hindarkan Kamu dari Pinjol Loh!Logo Koperasi (Dok.PPKL Kemenkop-UKM)

Berdasarkan data Dinas Indagkop UKM Kota Tangerang, saat ini ada 298 koperasi yang aktif di Kota Tangerang.

Sementara secara keseluruhan di Indonesia, kini ada 123.048 koperasi aktif.

Baca Juga: Waspada! Pelaku Pinjol Ilegal Aji Mumpung saat Pandemik

Bagaimana, kamu berminat? 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya