TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Makna Simbol dan Warna pada Lambang Kota Serang, Kamu Perlu Tahu

Hingga pemilihan warna di lambang ini pun sarat makna

Lambang Kota Serang (https://serang.serangkota.go.id)

Setiap kota di Indonesia pasti memiliki lambangnya masing-masing, tidak terkecuali Kota Serang . Kota Serang adalah Ibu Kota dari Provinsi Banten. Bila Anda masih belum tahu dan ingin mengenal makna dari simbol dan warna di lambang Kota Serang, berikut ini adalah rinciannya. 

Baca Juga: Pemkab Serang Nunggak Retribusi Sampah ke Pemkot Serang Rp1,5 Miliar

1. Perisai segi enam

Instagram/pemkotserang

Bagian pertama yang menjadi bentuk dasar logo adalah perisai segi enam. Bentuk ini melambangkan awal berdirinya Kota Serang. Kota Serang dibentuk oleh 6 kota kecamatan, yakni Kasemen, Taktakan, Serang, Walantaka, Curug dan Cipocok Jaya. 

Tidak hanya itu, 6 juga menjadi simbol dari rukun iman yang ada di dalam agama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Kota Serang akan berkomitmen dalam tetap menjalankan kepemerintahannya di jalan agama. 6 rukun Islam ini juga akan menjadi tanda seberapa religius masyarakat di kota Serang yang selalu menjadikan agama sebagai landasan hidup. 

2. Bintang segi lima dan gapura

Pada lambang Kota Serang terdapat gambar bintang segi lima. Logo ini menunjukkan rukun Islam yang terdiri dari 5 hal serta asas Ketuhanan Yang Maha Esa 

Sementara itu, Kaibon dalam kehidupan masyarakat Banten memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Kaibon termasuk dalam ciri khas sejarah Banten dan Kota Serang. Gapura juga diartikan sebagai posisi kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten. Dalam hal ini, maksud dari Gapura adalah bahwa Kota Serang adalah gerbang masuk ke Provinsi Banten. 

Baca Juga: Cemburu Buta, Suami di Serang Tega Tusuk Istri Hingga Tewas 

Berita Terkini Lainnya