Comscore Tracker

Kampus Negeri di Banten, dari Untirta Hingga STAN 

Mana nih kampus incaran kamu?

Banten menjadi salah satu provinsi yang menopang kebutuhan utama kota Jakarta. Jadi tidak mengherankan apabila Banten banyak dilirik sebagai tempat dalam hal menempuh pendidikan sarjana dan diploma.

Ada banyak pilihan universitas negeri di Banten. Setiap kampus menawarkan bidang studi yang bakal mengantar lulusannya ke dunia kerja, sesuai dengan bakat dan minat. 

Untuk para siswa kelas XII SMA/SMK atau juga sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan universitas negeri tentu membutuhkan informasi detail terkait kampus yang akan dituju. Maklum, persaingan untuk masuk dan diterima kuliah di sini sangat tinggi. 

Berikut ini beberapa kampus negeri yang ada di Banten, seperti disarikan dari berbagai sumber: 

1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)

Kampus Negeri di Banten, dari Untirta Hingga STAN Kampus Untirta (https://untirta.ac.id)

Ini merupakan sebuah perguruan tinggi negeri terbesar di Provinsi Banten, lokasi yang berada di Serang. Universitas yang berdiri sejak tahun 1980 ini memiliki 8 fakultas program Sarjana dan Diploma.

Dan, ada banyak program studi yang bisa di pilih. Ada 58 program studi yang tersedia untuk menjadi tempat belajar dalam menempuh pendidikan tinggi.

Baca Juga: Profil Untirta, Kampus Negeri di Banten

2. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Kampus Negeri di Banten, dari Untirta Hingga STAN Ilustrasi. Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memeriksa alat ukur penguapan (Open Pan Evaporimeter) di Laboratorium BMKG (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Jika memiliki minat dengan cuaca, iklim, perubahan atmosfer, dan lainnya, maka bisa memilih di STMKG ini. Ini menjadi sekolah tinggi kedinasan yang berada di bawah bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Saat menjadi taruna maka akan dihadapkan pada 4 pilihan program studi, antara lain Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi. Jika sudah lulus ketarunaan, maka bisa berpeluang untuk bekerja di kantor-kantor BMKG yang tersebar di pelosok Indonesia.

3. Poltekkes Kemenkes Banten

Kampus Negeri di Banten, dari Untirta Hingga STAN Ilustrasi petugas medis. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Jika kamu ingin meniti karier di dunia kesehatan maka bisa menempuh pendidikan formal terlebih dahulu di tempat yang terpercaya. Untuk yang tinggal di Banten, sudah tersedia Poltekkes Kemenkes Banten yang menjadi salah satu pilihan tepat untuk jurusan ini.

Di sini ada 3 program studi yang bisa dipilih, yaitu Keperawatan, Kebidanan, dan Teknologi Laboratorium Medis. Saat ini, dunia sangat membutuhkan tenaga medis karena pandemik COVID-19 yang tak kunjung usai. 

4. Politeknik Pelayaran Banten

Jika memiliki hobi berlayar di laut dan ingin menjadi seorang pelayar, maka berkuliah di Politeknik Pelayaran Banten adalah pilihan yang tepat. Karena di tempat ini akan diajarkan teknik berlayar yang lengkap.

Politeknik ini adalah lembaga pendidikan yang di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan. Tersedia 3 program studi yang antara lain Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

5. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

Jika berkeinginan menjadi pilot atau mungkin ingin mengoperasikan pesawat terbang dan bekerja di bandara. Maka bisa mencoba berkuliah di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. 

Di sini siswa bisa belajar mengenai penerbangan. Tersedia 10 program studi yang tersedia, antara lain Penerbang, Teknik Pesawat Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Listrik Bandara, Lalu Lintas Udara, Teknik Mekanikal Bandar Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, Penerangan Aeronautika, Pertolongan Kecelakaan Pesawat, dan Operasi Bandar Udara.

Kampusnya terletak di Kecamatan Curug, Tangerang. 

6. Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia

Presiden Joko "Jokowi" Widodo pernah berujar, "Jika pemuda tani bergerak dan sekaligus mampu menjadi pelaku usaha agribisnis, pertanian Indonesia akan maju dan menguasai pangan dunia." 

Nah, jika kamu ingin dan berminat menggeluti pertanian, kamu bisa mencoba masuk Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) di Banten. Jurusan di kampus ini memang g dikhususkan untuk mengolah lahan pertanian.

Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia ini langsung berada di bawah naungan Kementerian Pertanian loh!

Kampus ini terletak di Jl. Sinarmas Boulevard, Situ Gadung, Kec. Pagedangan, Tangerang.

Politeknik Keuangan Negara STAN

Kampus Negeri di Banten, dari Untirta Hingga STAN STAN (Instagram/pknstan)

Nah, ini merupakan salah satu kampus yang paling diidamkan lulusan SMA/SMK. Gak hanya di Banten, gaung sekolah ini bahkan terkenal di seluruh Indonesia. 

Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) berada di Jalan Kampus STAN No.12, Jurang Manggu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. 

Dengan biaya kuliah gratis, gak heran kampus ini menjadi buruan banyak siswa. Dan, peluang untuk diterima bekerja di instansi baik negeri dan swasta mana pun cukup besar. Di tempat ini ada 4 fakultas dengan total 12 program studi.

Baca Juga: Erick Thohir Janji Libatkan Kampus di Banten dalam Transformasi BUMN 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya