Comscore Tracker

Makna Simbol dan Warna pada Lambang Kota Serang, Kamu Perlu Tahu

Hingga pemilihan warna di lambang ini pun sarat makna

Setiap kota di Indonesia pasti memiliki lambangnya masing-masing, tidak terkecuali Kota Serang . Kota Serang adalah Ibu Kota dari Provinsi Banten. Bila Anda masih belum tahu dan ingin mengenal makna dari simbol dan warna di lambang Kota Serang, berikut ini adalah rinciannya. 

1. Perisai segi enam

Makna Simbol dan Warna pada Lambang Kota Serang, Kamu Perlu TahuInstagram/pemkotserang

Bagian pertama yang menjadi bentuk dasar logo adalah perisai segi enam. Bentuk ini melambangkan awal berdirinya Kota Serang. Kota Serang dibentuk oleh 6 kota kecamatan, yakni Kasemen, Taktakan, Serang, Walantaka, Curug dan Cipocok Jaya. 

Tidak hanya itu, 6 juga menjadi simbol dari rukun iman yang ada di dalam agama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Kota Serang akan berkomitmen dalam tetap menjalankan kepemerintahannya di jalan agama. 6 rukun Islam ini juga akan menjadi tanda seberapa religius masyarakat di kota Serang yang selalu menjadikan agama sebagai landasan hidup. 

Baca Juga: Pemkab Serang Nunggak Retribusi Sampah ke Pemkot Serang Rp1,5 Miliar

2. Bintang segi lima dan gapura

Pada lambang Kota Serang terdapat gambar bintang segi lima. Logo ini menunjukkan rukun Islam yang terdiri dari 5 hal serta asas Ketuhanan Yang Maha Esa 

Sementara itu, Kaibon dalam kehidupan masyarakat Banten memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Kaibon termasuk dalam ciri khas sejarah Banten dan Kota Serang. Gapura juga diartikan sebagai posisi kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten. Dalam hal ini, maksud dari Gapura adalah bahwa Kota Serang adalah gerbang masuk ke Provinsi Banten. 

3. Warna-warni dalam lambang Kota Serang

Makna Simbol dan Warna pada Lambang Kota Serang, Kamu Perlu TahuLambang Kota Serang (https://serang.serangkota.go.id)

Berlanjut ke bagian warna yang digunakan dalam simbol Kota Serang. Di lambang ini ada beberapa warna yang dipakai dan di baliknya pun terdapat makna. Berikut penjelasannya:

Warna kuning

Warna kuning dalam simbol Kota Serang menunjukkan kemuliaan dan kesejahteraan masa depan Kota Serang yang cerah. Warna ini digabungkan dengan simbol bintang segi lima yang berwarna keemasan. 

Warna Hijau 
Warna hijau dalam simbol Kota Serang adalah lambang dari sumber daya alam di Kota Serang. Daerah pertanian dan kekayaan holtikultura yang ada di Kota Serang memang cukup dominan sehingga hal ini dilambangkan dengan warna hijau dalam logo Kota Serang. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kota Serang pada umumnya memang berbasis pada pertanian dan kekayaan holtikultura. 

Warna Biru 
Jika warna biru dalam simbol Kota Serang menunjukkan kekayaan wilayah pertanian, warna biru dalam simbol Kota Serang menunjukkan sumber daya perikanan di Kota Serang. Tambak Ikan air tawar dan hasil laut memang sangat melimpah di wilayah ini. Itulah yang menjadi andalan dari sistem perekonomian masyarakat Kota Serang. Tidak hanya itu, warna biru juga melambangkan sumber daya manusia di Kota Serang yang berkualitas baik. 

Warna Putih 
Warna putih melambangkan Kota Serang yang bersih, baik dari segi lingkungan, sistem pemerintahan dan hal-hal lain yang ada di kehidupan masyarakat Kota Serang. 

Warna Merah 
Selanjutnya adalah makna warna merah dalam simbol Kota Serang. Warna Merah melambangkan pemerintahan dan masyarakat di Kota Serang yang selalu berani dalam menghadapi banyak tantangan di kehidupan. Warna merah juga digabungkan dengan warna putih yang menjadi lambang bahwa Kota Serang adalah bagian dari NKRI. 

Warna Hitam 
Hitam menunjukkan ketegasan, keteguhan serta ketabahan yang dimiliki oleh pemerintahan Kota Serang dalam melakukan tugasnya sebagai aparat pemerintah. 

Warna Emas 
Emas melambangkan sifat pemerintah yang agung dan berwibawa. 

Itu dia makna lambang, simbol dan warna yang ada pada lambang Kota Serang. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga: Cemburu Buta, Suami di Serang Tega Tusuk Istri Hingga Tewas 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya