Comscore Tracker

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib Datangi

Kamu tertarik mengunjungi yang mana nih?

Mengunjungi Provinsi Banten tidak akan lengkap jika kamu bmengunjungi berbagai jenis wisata budaya di Banten. Berbagai jenis wisata budaya bisa kamu temukan di wilayah ini.

Sejumlah tempat wisata budaya ini mudah kamu akses karena berada di lokasi strategis. Selain memanjakan mata, di tempat wisata budaya ini kamu juga bisa menambah pengetahuan, terutama mengenai sejarah. 

Yuk langsung saja simak ulasan berikut untuk mengetahui jenis wisata budaya yang ada di Banten, seperti disarikan dari sejumlah sumber. 

1. Masjid Agung Banten

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib DatangiMasjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Wisata budaya di Banten yang cukup terkenal yakni dengan Masjid Agung Banten. Masjid ini termasuk ke dalam daftar wisata budaya karena dibangun sekitar pada tahun 1566. 

Di mana masa tersebut merupakan pimpinan dari Sultan Maulana Hasanuddin. Kamu bisa singgah di tempat ini untuk napak tilas sejarah sekaligus melakukan kegiatan ibadah. 

Keunikan yang dimiliki oleh masjid ini yakni dengan menaranya yang mempunyai lima tingkat serta bentuk bangunannya yang menyerupai tumpeng. 

Baca Juga: Sosok Aria Wangsakara, Ulama dan Pendiri Tangerang 

2. Vihara Avalokitesvara

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib DatangiVihara Avalokitesvara (Dok. wihara.org)

Wisata budaya yang kedua yakni Vihara Avalokitesvara. Vihara ini menjadi tempat ibadah konghucu tertua yang ada di Banten. 

Konon tempat ibadah ini dibangun pada abad ke 16. Berdasarkan sejarah dari vihara ini, berawal dari Sunan Gunung Jati yang mempunyai istri seorang putri dengan keturunan kaisar Tionghoa. 

Pengikut dari putri tersebut mengikuti kepercayaan yang sama. Sehingga dibangunlah vihara ini untuk bisa digunakan sebagai tempat beribadah. 

3. Perkampungan Suku Baduy

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib DatangiANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Tempat wisata yang satu ini sangat wajib dikunjungi ketika berada di kawasan Banten. Di dalam kawasan ini, kamu akan mendapatkan banyak informasi terkait dengan adat istiadat serta kebudayaan yang dianut oleh Suku Baduy. 

Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih murni dengan suasana yang sangat asri.  

Baca Juga: 8 Tips Wisata Budaya ke Pemukiman Baduy di Lebak

Baca Juga: Filosofi dan Keseriusan Suku Baduy dalam Menjaga Hutan 

4. Kawasan Banten Lama

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib DatangiMasjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kawasan Banten Lama merupakan salah satu tempat yang menjadi saksi sejarah sekaligus sebagai peradaban tua di Banten.

Di dalam area ini terdapat banyak sekali sisa-sisa kerajaan Banten tempo dulu. Mulai dari berbagai macam jenis keraton serta benteng-benteng peninggalan sejarah. 

Kalau kamu orang Banten, wajib nih ke tempat ini supaya tahu sejarah perjalanan panjang Banten hingga bisa seperti sekarang. 

5. Keraton Kaibon

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib DatangiKeraton Kaibon (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Keraton Kaibon terletak di area Kampung Kroya, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen. Keraton ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal ibu dari Sultan Banten yang ke 21. Selain itu, tempat ini juga menjadi keratin kedua setelah Keraton Surosowan. 

Jika mengunjungi tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan pilar-pilar bangunan keraton yang masih terjaga dengan baik. 

6. Benteng Speelwijk

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib DatangiDok.pribadi/Sucitra ( Benteng Speelwijk)

Wisata Budaya di Banten selanjutnya yaitu Benteng Speelwijk. Lokasinya berada di Kampung Pamarican, Serang yang telah dibangun pada awal abad ke 17. 

Tujuan dibangunnya benteng ini yaitu sebagai bentuk perlindungan diri dari kemungkinan serangan yang diberikan oleh penduduk Banten. Pada zaman dahulu, benteng ini berada dengan ketinggian sekitar 3 meter yang dibangun oleh masyarakat Tionghoa dengan bayaran upah yang sangat rendah. 

7. Keraton Surosowan

Tempat Wisata di Banten yang Menarik, Kamu Wajib DatangiKeraton Surosowan (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Berada di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, kamu akan menemukan Keraton Surosowan yang tampil dengan sangat menarik. Tempat ini bisa dicapai dalam waktu 20 menit saja dari pusat Kota Serang.

Keraton ini juga biasa disebut dengan Benteng Surosowan yang menjadi pusat Kerajaan Banten di masa pimpinan Sultan Maulana Hasanudin. Tempat ini dahulunya digunakan sebagai tempat tinggal sultan beserta dengan keluarganya. 

Demikian wisata budaya di Banten yang menarik untuk bisa menjadi rekomendasi kamu pada saat berada di Banten. Jangan sampai melewatkan satu wisata budaya tersebut ya.

Ingat juga, pandemik COVID-19 belum tuntas sehingga kamu wajib menerapkan protokol kesehatan di manapun kamu berada. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya