TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kasus Hepatitis Akut Pertama Banten Ditemukan di RS Mandaya Tangerang

Pasien beralamat DKI Jakarta dan berusia 3 tahun

ilustrasi hepatitis akut (IDN Times/Nathaniel Tegar)

Serang, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan data terbaru terkait penyebaran hepatitis akut misterius muncul di Banten. Kasus pertama hepatitis akut di Banten itu muncul di Kota Tangerang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti. Berdasarkan data yang dihimpun Kemenkes, hingga saat ini total ada sebanyak 16 anak di Indonesia yang terinfeksi hepatitis akut. 

Baca Juga: Wamenkes: Ada 14 Kasus Hepatitis Akut, 4 Pasien Meninggal

1. Pasien dirawat di RS Mandaya Royal Hospital Puri, Tangerang

ilustrasi hepatitis akut (IDN Times/Nathaniel Tegar)

Ati Pramudji Hastuti menyampaikan, kasus hepatitis akut pertama di tanah Jawara itu ditemukan di Rumah Sakit Mandaya Royal Hospital Puri, Kota Tangerang. Pasien tersebut tercatat sebagai warga DKI Jakarta.

"Pasien usia 3 tahun beralamat di DKI ditemukan oleh RS Mandaya dengan suspect atau tersangka hepatitis akut," kata Ati saat dikonfirmasi, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Sosialisasi Pencegahan Hepatitis Akut Digencarkan di Surabaya

2. Pasien mengalami gejala ringan

ilustrasi hepatitis akut (IDN Times/Nathaniel Tegar)

Lebih lanjut Ati menjelaskan, untuk saat ini kondisi pasien menunjukkan gejala ringan sehingga dalam dua hari ke depan akan menjalani rawat jalan. Kemudian pihaknya akan melakukan sejumlah rangkaian pemeriksaan lain terhadap pasien.

"Untuk pemeriksaan lanjutan akan diperiksa pemeriksan hepatitis E dan pemeriksaan penunjang lainnya di litbangkes," katanya.

Berita Terkini Lainnya