TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tipu Pencari Kerja, Calo di Serang Dibekuk Polisi

Korban sudah serahkan uang DP tapi tak kunjung dipanggil

Ilustrasi penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Serang, IDN Times - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Serang, menangkap calo tenaga kerja berinisial TS. Dia diduga menipu sejumlah korban yang mencari pekerjaan.

"Korban dimintai sejumlah uang sebesar Rp14,5 juta dengan tujuan DP masuk atau administrasi masuk kerja," kata Kasat Reskrim Polres Serang AKP Andi Kurniady pada Rabu (15/11/2023).

Tersangka merupakan warga Desa Kandayakan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. Menurut Andi, kasus ini terungkap ketika ada laporan warga yang merasa tertipu oleh tersangka TS yang tak kunjung diterima di PT Lung Cheong Brother Industrial.

1. Tersangka TS menyebut perusahaan ini sedang mencari tenaga kerja

IDN Times/Khaerul Anwar

Berdasarkan keterangan korban, kata Andi, tersangka TS menawarkan pekerjaan kepada korban pada Juli 2023. TS menyebut, PT Lung Cheong Brother Industrial tengah membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Lalu korban memberikan 4 berkas lamaran kerja ke saudara TS," katanya.

Baca Juga: Ada 271 Hektare Kawasan Kumuh di Kota Serang

2. Setelah korban menyerahkan uang, pelaku buat surat panggilan palsu

Ilustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Andi mengungkap, korban juga menyerahkan uang jutaan rupiah kepada TS. Korban kemudian sempat mendapatkan panggilan. Namun diduga itu hanya rekayasa tersangka TS untuk meyakinkan korbannya.

"Hingga saat ini korban belum mendapatkan panggilan kerja, namun hanya mendapatkan panggilan kerja palsu," katanya.

Verified Writer

Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya