TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gubernur Ridwan Kamil Tiba di Indonesia Lewat Bandara Soekarno-Hatta

Melalui juru bicara, Ridwan Kamil minta maaf

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarganya telah tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (3/6/2022). Kepala Biro Adpim Jabar atau Jubir Gubernur, Wahyu Mijaya mengatakan, Ridwan Kamil belum siap untuk berbicara dengan awak media usai kehilangan putra sulungnya tersebut.

"Saya sampaikan permohonan maaf dari Pak Gubernur dan keluarga kalau pada kesempatan kali ini belum bisa menemui rekan media, sekali lagi kami mohon maaf beliaunya belum bisa menemui secara langsung atau memberikan statement ke teman media," kata Wahyu di Bandara Soekarno-Hatta.

Ridwan Kamil tiba di Indonesia setelah sebelumnya melakukan pencarian sang putra Sulung, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang saat tengah berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss sejak 26 Mei 2022. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Mengikhlaskan Eril, 9 Ungkapan Duka dari Para Artis

1. Ridwan Kamil dan keluarga telah di perjalanan menuju Bandung, Jawa Barat

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Wahyu mengungkapkan, saat ini Ridwan Kamil dan keluarganya telah di perjalanan menuju Bandung, Jawa Barat menggunakan transportasi darat.

"Mendarat beberapa waktu lalu, sesuai schedule dan alhamdulillah beliau sudah mendarat dengan selamat bersama dengan keluarga," tuturnya.

2. Keluarga Ridwan Kamil telah mengikhlaskan Eril

Ridwan Kamil dan Eril. google

Wahyu mengungkapkan, Ridwan Kamil dan keluarganya telah mengikhlaskan kepergian Eril. Namun, tetap berharap Eril dapat ditemukan apapun kondisinya.

"Bagaimanapun kondisinya kami berharap beliaunya ditemukan, inginnya selamat," kata Wahyu.

Kondisi Ridwan Kamil, Sang Istri, dan anak perempuannya pun secara fisik dalam kondisi sehat. Pihaknya pun telah berkonsultasi dengan MUI Provinsi Jawa Barat terkait Salat Gaib untuk Eril.

"Kita juga adakan pengajian sejak beberapa hari lalu, rencananya besok sampai Minggu karena itu pengajian keluarga rutin, ya walaupun sudah ada statement begitu kita tetap mendoakan kepada ananda Eril," jelasnya.

3. Proses pencarian masih berlangsung di Swiss

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (jaket kuning) didampingi Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad mendengarkan penjelasan dari polisi Swiss terkait pencarian Eril yang hanyut di Sungai Aare, 26 Mei 2022. (Dokumentasi KBRI Bern)

Meskipun pihak keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Eril, namun proses pencariannya masih tetap dilanjutkan. Wahyu pun mengungkapkan, saat ini otoritas Swiss telah menerjunkan anjing pelacak untuk mencari keberadaan Eril.

"Pihak keluarga ada yang datang ke Swiss untuk memastikan kelanjutan proses pencarian, jadi meskipun pernyataan bahwa keyakinan keluarga sudah wafat, tapi proses pencarian tetap dilanjutkan," ungkapnya.

Proses pencarian pun, menemukan sejumlah kesulitan lantaran kondisi arus Sungai Aare yang tengah deras, ditambah adanya lelehan salju.

"Juga ada beberapa hal lain yang menyulitkan proses pencarian," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lantunkan Azan di Tepi Sungai Aare Swiss buat Eril

Berita Terkini Lainnya