Seluruh Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

Penerbangan terakhir embarkasi Surabaya kloter 88

Tangerang, IDN Times - Seluruh jemaah haji asal Indonesia sudah tiba di Tanah Air setelah melakukan ibadah haji sekitar satu bulan lamanya. Jemaah haji terakhir yang tiba di Indonesia yakni Embarkasi Surabaya kloter 88.

"Disaksikan pak Dirjen Jemaah haji terakhir sudah landing kemarin dari Surabaya kloter 88," kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (5/8/2023).

1. Menag Yaqut sebut pelayanan ibadah haji berjalan baik

Seluruh Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah AirIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Secara umum, kata Menag Yaqut, pelayanan ibadah haji tahun 2023 ini berjalan baik. Hal tersebut berkat pelayanan dari petugas haji yang bertugas.

"Secara umum Alhamdulillah pelayanan ibadah haji berjalan baik dan saya juga barusan menjemput 355 petugas haji, yang tersisa sebenarnya besok masih ada 5 orang tertinggal, tapi Insyaallah semua dalam keadaan baik," jelasnya.

2. Menag Yaqut apresiasi kinerja petugas haji

Seluruh Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah AirGladi posko petugas haji PPIH 2023 di Asrama Haji Pondok Gede (IDN Times/Sunariyah)

Menag Yaqut pun mengapresiasi kinerja para petugas haji yang melaksanakan tugasnya dengan baik selama melayani para jemaah haji asal Indonesia. Mereka harus menggendong hingga menceboki jemaah haji.

"Yang sebenarnya ini di luar tugas pokok mereka tapi tetap dilakukan, karena mereka ada semangat melayani seperti orangtuanya sendiri," tuturnya.

3. Menag Yaqut juga sebut banyak jemaah haji yang melakukan pelayanan ke jemaah haji lain

Seluruh Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah AirIlustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Rahmad)

Selain para petugas, para jemaah haji juga banyak yang memberikan pelayanan kepada jemaah haji lain secara sukarela. Hal tersebut lantaran banyaknya jemaah haji lansia yang membutuhkan pelayanan lebih.

"Jemaah juga ada yang rela memberikan pelayanan jemaah lain meski bukan petugas ini juga patut mendapat apresiasi, petugas kesehatan juga demikian memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah," jelasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya