TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Terpengaruh Teman Jadi Faktor Usia Remaja Tertinggi Gunakan Narkoba

Bandar narkoba kerap mengincar anak-anak

Dok. Pemkot Tangerang

Tangerang, IDN Times - Penyalahgunaan narkoba pada usia remaja di Indonesia dinilai sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Badan Narkotika Nasional, Komjen Pol Marthinus Hukom saat Deklarasi Anti Narkoba dan Anti Tawuran, di Kota Tangerang, Jumat (26/7/2024).

“Dari prevelansi penggunaan narkoba pada tahun 2023, kita melihat ada sekitar 37 persen dari survei yang kami lakukan. 37 persen ini dari jumlah 3,3 juta orang yang kami survei tadi, artinya pasar narkoba lewat anak-anak, remaja ini cukup besar,” kata Marthinus.

Baca Juga: Dinsos Kota Tangerang Buka Pendaftaran Jadi Relawan Tagana

1. BNN: kasus narkoba di usia remaja karena terpengaruh teman

Dengan kondisi saat ini, BNN menilai, pasar narkoba paling banyak diminati oleh usia anak dan remaja. Faktornya pun berasal dari sekitar, yakni dipengaruhi oleh teman sebaya dan juga rasa penasaran ingin mencoba.

“Dan yang disayangkan, kecenderungan jumlah mereka terus bertambah,”ungkapnya.

2. Produsen narkoba incar anak dan remaja

Marthinus menuturkan, hal ini disebabkan oleh produsen narkoba ini memahami betul kondisi psikologi anak-anak ini yang mudah terpengaruh. Sehingga, menjadi sasaran empuk untuk penyalahgunaan narkoba.

Salah satu pencegahan terbaik adalah membangun ketahanan dari dalam keluarga. Pasalnya, kata dia, orangtua merupakan pemegang otoritas dalam memberikan moral salah atau benar tingkah laku anak tersebut.

"Lalu, moral yang baik ini akan diteruskan dan dibawa ke lingkungan permainannya," tuturnya.

Berita Terkini Lainnya