TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

ESDM Tetapkan Kawasan Bayah Dome Jadi Geopark

Iti harap Geopark dongkrak potensi Lebak

Dok.Pemkab Lebak

Lebak, IDN Times - Kawasan Bayah Dome atau Kubah Bayah di Kabupaten Lebak ditetapkan menjadi Warisan Geologi atau Geoheritage. Hal ini berdasarkan keputusan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak sudah menerima Keputusan Menteri ESDM Nomor 164 Tahun 2022 tentang Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) kawasan Bayah Dome atau Kubah Bayah tersebut. 

1. Geopark Bayah Dome bertujuan untuk menjaga konservasi alam dan budaya

Wisata Negeri di Atas Awan, Citorek, Banten (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Menanggapi hal itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menjelaskan, Geopark Bayah Dome bertujuan untuk menjaga konservasi alam, menjaga budaya serta untuk menjadi sumber pendapatan berbasis wisata edukasi.

Bupati mengatakan, potensi daerah dapat menghasilkan keuntungan jika dikelola secara berkerja sama antara pemerintah dengan masyarakat.

"Ke depan akan dilakukan pengembangan pada masyarakat yang berada di geosite agar tujuan konservasi dan edukasi dapat terjaga," kata Iti pada Rabu (14/12/2022).

2. Bupati Iti berharap, penetapan ini bisa mengangkat potensi wisata

Landscap Wewengkon Desa Adat Citorek (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Muhammad Wafiq menerangkan, warisan geologi diharapkan mampu menumbuhkan nilai sosial dan ekonomi ditingkat lokal, regional dan nasional.

"Diharapkan geopark yang sudah ditetapkan dapat dimanfaatkan sebagai lokasi penelitian, pendidikan kebumian dan geowisata yang dapat memberikan dampak ekonomi pada masyarakat," kata Wafiq.

Berita Terkini Lainnya