Akses ke Pelabuhan Ciwandan Macet Hingga Rabu Pagi

Ada pengemudi truk tertahan antrean sampai 12 jam

Serang, IDN Times - Kemacetan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon Banten terjadi sejak Selasa sore hingga Rabu pagi (3/4/2024). Jalur menuju Pelabuhan Ciwandan dipenuhi truk yang hendak menyeberang ke Sumatra.

 "Udah dari Selasa sore saya di sini sekitar jam 6, sampai (Rabu) jam 6 pagi belum naik kapal juga," kata salah satu pengemudi truk, Hendro, seperti dikutip dari Antara.

Tahun-tahun sebelumnya Hendro mengatakan masih menggunakan kapal dari Pelabuhan Merak untuk ke Sumatra. Tahun ini, truk dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan. Selain itu, Ciwandan juga melayani pemudik yang menggunakan sepeda motor. 

Baca Juga: Pelabuhan Ciwandan Mulai Melayani Pemudik Motor Malam Ini

1. Pengemudi: pengalihan ke Pelabuhan Ciwandan lebih merepotkan

Akses ke Pelabuhan Ciwandan Macet Hingga Rabu PagiAkses menuju Pelabuhan Ciwandan Cilegon macet hingga Rabu (3/4/2024) ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Hendro menilai, pengalihan truk ke Pelabuhan Ciwandan lebih merepotkan pengemudi, karena akses menuju Ciwandan dinilai lebih jauh daripada ke Pelabuhan Merak. Kemacetan kali ini pun merugikan dia, baik dari waktu maupun biaya. 

"Pasti nambah lagi uang makan kami kan. Belum lagi waktu kami juga karena kami dikejar-kejar target ini mau nganterin besi, harus cepet dikirim," katanya.

2. Macet kerap terjadi saat musim mudik lebaran

Akses ke Pelabuhan Ciwandan Macet Hingga Rabu PagiPelabuhan Ciwandan (IDN Times/Khaerul Anwar)

 Hendro menyebut, kemacetan kerap terjadi saat musim mudik lebaran, termasuk di Pelabuhan Ciwandan. Dia pun tidak memiliki pilihan lain, selain pasrah. 

"Makanya kami berharaplah ini ada solusinya biar kami juga bisa tepat waktu," katanya

Selain untuk truk, pada arus mudik tahun ini, Pelabuhan Ciwandan kembali difungsikan untuk mengangkut pemudik menggunakan sepeda motor, namun kepadatan pemudik menggunakan sepeda motor hingga saat ini masih belum terpantau ramai di Pelabuhan Ciwandan.

Baca Juga: Mulai 3 April, Kereta Api Merak Hanya Sampai Stasiun Cilegon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya