Comscore Tracker

Booster Kedua Mulai Diberikan ke Warga Tangerang Mulai Februari 2023

Warga diminta aktif melengkapi vaksinasi COVID-19

Tangerang, IDN Times - Dosis keempat atau booster vaksin COVID-19 mulai diberikan kepada masyarakat di Kota Tangerang pada Februari 2023. Targetnya, booster kedua ini diberikan kepada kelompok berusia 18 tahun ke atas.

"(Booster kedua), Mulai 6 Februari 2023," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Sudarto Mangapul, seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/1/2023). 

1. Saat ini, Dinkes kebut booster pertama

Booster Kedua Mulai Diberikan ke Warga Tangerang Mulai Februari 2023Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Sudarto Mangapul mengungkap, saat ini pihaknya mempercepat cakupan vaksinasi dosis penguat (booster) pertama. "Kelompok pelajar dan lansia masih belum memenuhi target untuk booster pertama," kata dia.

Sejauh ini, dari 844.329 orang atau 64,9 persen yang sudah divaksin booster pertama adalah kategori lansia 56,1 persen. Bahkan, capaian booster pertama pada kelompok remaja baru 11 persen. 

Baca Juga: BPS: Penurunan Warga Miskin Ekstrem di Kota Tangerang Tertinggi 

2. Untuk booster kedua, ada 13 ribu dosis yang tersedia

Booster Kedua Mulai Diberikan ke Warga Tangerang Mulai Februari 2023Vaksin COVID-19 Sinovac. Dok. IDN Times/bt

Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah menyiapkan 13 ribu dosis vaksin COVID-19 untuk pelaksanaan vaksinasi booster kedua ini. 

Menurut surat edaran dari Kementerian Kesehatan, vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua sudah bisa dilakukan pada kelompok sasaran masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas mulai 24 Januari 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan bahwa dinas mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua sejak pekan lalu.

3. Dinkes Tangerang berharap warga menyukseskan vaksinasi COVID-19 dengan mendatangi faskes

Booster Kedua Mulai Diberikan ke Warga Tangerang Mulai Februari 2023Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sudarto Mangapul pun meminta warga Kota Tangerang segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk melengkapi vaksinasi COVID-19 masing-masing.  "Hingga booster kedua," katanya.

Sembari Dinkes Tangerang mengebut capaian vaksinasi hingga tahap booster pertama, petugas juga sembari menyosialisasikan pelaksanaan vaksinasi booster kedua.  Hal ini penting untuk menekan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. 

Baca Juga: Pemkot Tangerang Mulai Beri Booster Kedua untuk Umum

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya