Jelang Mudik Lebaran, Polda Banten Ikut Percepat Booster COVID-19

Vaksin lengkap dan protokol kesehatan jadi kunci

Serang, IDN Times - Polda Banten bakal ikut membantu percepatan vaksinasi penguat atau booster COVID-19 bagi warga, menjelang mudik Lebaran. Pemerintah pusat telah menyatakan bahwa booster menjadi salah satu syarat orang bisa mudik.

Untuk mempercepat target booster COVID-19 itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto telah memerintahkan jajaran kepolisian di wilayahnya untuk mengakselerasi atau percepatan vaksinasi booster. "Sehingga herd immunity masyarakat semakin terwujud jelang Ramadan 1443 Hijriah,” kata Irjen Rudi Heriyanto, seperti dikutip dari situs Antara, Sabtu (26/3/2022). 

1. Vaksin lengkap dan protokol kesehatan bisa tekan penyebaran COVID-19

Jelang Mudik Lebaran, Polda Banten Ikut Percepat Booster COVID-19Ilustrasi protokol kesehatan ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kapolda Rudy juga optimis penyebaran COVID-19 tetap bisa ditekan selama proses mudik, dengan syarat-syarat tertentu, termasuk pelaku perjalanan sudah lengkap vaksinasi COVID-19.

Selain itu, imbuhnya, semua pelaku perjalanan tetap menerapkan protokol kesehatan selama dalam perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing.  Dengan demikian, imbuhnya, mereka tetap bisa lebih aman dalam berinteraksi bersama keluarganya di kampung halaman.

Baca Juga: Fenomena COVID Shame, saat Terkena COVID-19 Menjadi Aib

2. Banten mencatat tambahan kasus baru COVID-19 di angka ratusan per hari

Jelang Mudik Lebaran, Polda Banten Ikut Percepat Booster COVID-19Hotel Yasmin di Kabupaten Tangerang dijadikan tempat isolasi bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan (ANTARA FOTO/Fauzan)

Berdasarkan data per 25 Maret 2022, Banten mencatat kasus COVID-19 sebanyak 287.240 kasus setelah ada penambahan 338 kasus baru. Hal ini berdasarkan data Dinas Kesehatan Banten. 

Sementara itu, dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 5.652 orang masih dirawat dan 8.076 orang masih karantina. 

Meski ada penambahan kasus baru, jumlah kematian per 25 Maret 2022 tercatat nol. 

Ada dua wilayah di Banten masuk zona oranye

Baca Juga: Kadinkes: 80 Persen Kasus Omicron di Banten dari Transmisi Lokal

Jika dilihat berdasarkan zona penyebaran COVID-19, ada dua wilayah Banten yang masuk zona oranye, yakni Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. 

Sisanya, termasuk Kota Serang, masuk zona kuning. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya