Masjid Seribu Pintu yang Unik di Kota Tangerang, Kamu Sudah ke Sana?

Tak diketahui pasti, berapa jumlah pintu di masjid ini

Tangerang, IDN Times - Jika kamu sedang merencanakan kunjungan ke Kota Tangerang, sayang jika melewatkan Masjid Pintu Seribu. Sesuai dengan julukannya, keunikan masjid ini memang di bagian pintu yang jumlahnya cukup banyak.

Nama asli masjid ini adalah Masjid Agung Nurul Yaqin. Seperti apa keunikan masjid satu ini? Simak nih. 

Baca Juga: 10 Mal di Tangerang Raya untuk Kamu Pecinta Belanja

1. Tak diketahui persis, berapa jumlah pintu di masjid ini

Masjid Pintu Seribu merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam di Banten yang dibangun pada tahun 1978. Letaknya ada di RT 01/RW 03, Kampung Bayur, Priuk, Kota Tangerang.

Dalam sejarahnya, pendiri masjid ialah seorang penyebar Islam kelahiran Arab bernama Al-fakir Syekh Mahdi Hasan Al-qudrotillah Al-muqoddam.

Salah satu yang membuat masjid ini menarik perhatian pengunjung adalah penamaan dari nama masjid ini. Julukan Masjid Seribu Pintu diberikan karena karena tidak ada yang tahu persis berapa jumlah sebenarnya pintu masjid ini, demikian dikutip dari https://dispar.bantenprov.go.id.

Bahkan, pengelola masjid pun tidak tahu persis berapa jumlah pintu yang ada di masjid tersebut, loh.

2. Masjid atau musala?

Masjid Seribu Pintu yang Unik di Kota Tangerang, Kamu Sudah ke Sana?Masjid 1.000 pintu di Tangerang (https://dispar.bantenprov.go.id)

Keunikan lainnya dari masjid ini adalah setiap ruangannya yang disekat-sekat hingga membentuk ruangan seperti musala. Setiap ruangan memiliki luas kira-kira 4 meter persegi (m2).

Lebih unik lagi, setiap ruangan (musala) diberi nama masing-masing loh. Ada musala Fathul qorib, Tanbihul Alqofilin, Durojatun Annasikin, Safinatu-Jannah, Fatimah hingga musala Ratu Ayu.

Masjid tersebut berada di tengah-tengah pemukiman warga. Ketika masuk ke dalam masjid, terdapat banyak pintu dan melewati lorong-lorong yang agak gelap.

Dalam satu pintu yang dibuka digunakan tempat salat wanita. Banyak pintu terkunci karena pengurus yang juga keturunan pemilik masjid tersebut sedang tidak di tempat.

3. Keunikan lain: tasbih berukuran raksasa

Masjid Seribu Pintu yang Unik di Kota Tangerang, Kamu Sudah ke Sana?ilustrasi tasbih (https://www.pexels.com)

Keunikan lain yang bisa kamu jumpai di masjid ini adalah tasbih berukuran raksasa terpajang di dalam ruangan. Tasbih ini memiliki 99 butir berdiameter 10 centimeter.

Setiap butir bertuliskan nama Asma’ul-Husna. Di beberapa pintu masjid dan pagar depan, tampak terlihat tulisan angka 999.

Menurut pengurus masjid, angka ini merupakan penggabungan jumlah nama Allah dan nama sembilan wali (wali songo).

Setiap lorong di masjid ini sudah dilengkapi dengan penunjuk jalan. Dan, salah satu ruang dari sekian banyak lorong itu menuju ruang bawah tanah yang disebut ruang tasbih.

Ruang ini biasa digunakan oleh Al Faqir dan jamaah lainnya untuk beristiqomah. 

Baca Juga: Pecinta Kuliner Wajib Coba 9 Tempat Makan di Tangerang Raya Ini

4. Mengenal sosok di balik pembangunan masjid unik ini

Masjid Seribu Pintu yang Unik di Kota Tangerang, Kamu Sudah ke Sana?Masjid 1.000 pintu di Tangerang (https://dispar.bantenprov.go.id/)

Masjid ini didirikan tahun 1978 oleh almarhum Syekh Al-Bakhir Mahdi--seorang warga keturunan Arab. Warga sekitar menyebutnya dengan Al-Faqir.

Al-Faqir menanggung semua pembangunan masjid ini. Pembangunan masjid ini bahkan tidak memakai gambar rancang. Al-Faqir juga tidak memakai desain dasar yang bisa menampilkan corak arsitektur tertentu.

Jadi, saat kamu berkunjung ke sana, jangan heran jika melihat pintu-pintu gerbang yang sangat ornamental mengikuti ciri arsitektur zaman Baroque, tetapi ada juga yang bahkan sangat mirip dengan arsitektur Maya dan Aztec.

Setelah Al-Faqir pada tahun 2021, pengelolaan masjid dilanjutkan oleh keempat putranya, yakni Khairul Zaman, Khainul Yakin, Fatwa Paku Alam, dan  Khairullah.

Sebagai penghormatan, warga sekitar memberinya gelar Mahdi Hasan Al-Qudratillah Al-Muqoddam. Kabarnya, Al-Faqir juga sedang membangun masjid serupa di Karawang, Madiun, dan beberapa kota lain di Indonesia.

5. Pengunjung yang datang juga berziarah ke makam Al Faqir

Masjid Seribu Pintu yang Unik di Kota Tangerang, Kamu Sudah ke Sana?Masjid 1.000 pintu di Tangerang (Instagram/ agungjatmika)

Masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata religi, terutama saat hari-hari besar umat Islam, seperti Ramadan dan Idul Fitri. Pengunjung datang dari berbagai wilayah di Tanah Air, mulai dari Bandung, Kerawang, Jakarta, Aceh, bahkan hingga Kalimantan.

Menurut salah satu penjaga masjid tersebut, pengunjung juga berziarah ke makam Syeikh Al Faqir Mahdi. "Iya banyak yang datang rombongan," kata penjaga yang tak mau disebutkan namanya itu.

Baca Juga: Dinkes: Tarif PCR Tertinggi di Kabupaten Tangerang Rp525 Ribu 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya