Pemkab Serang Gelar Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Pekan Depan 

Diawali dengan persiapan teknis

Serang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Serang akan memulai vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun, pekan depan. Untuk rencana ini, Pemkab Serang meminta semua pihak menyiapkan sosialisasi. 

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengungkap, vaksinasi masyarakat usia di atas 12 tahun sudah mencapai 69,58 persen per Kamis, 6 Januari 2022.

“Minggu depan, kita sudah mulai garap (vaksinasi) anak-anak dari mulai umur 6 sampai 12 tahun,” kata Pandji, seperti dikutip dari Antara, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Naik 90 Persen, Denda Tilang Kendaraan di Serang Capai Rp8,5 Miliar 

1. Kepala sekolah diminta untuk meyakinkan orangtua siswa

Pemkab Serang Gelar Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Pekan Depan ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Proses pemberian vaksinasi ini diawali dengan rapat persiapan teknis yang kemungkinan akan dilaksanakan pekan depan. Semua unsur, kata dia, harus kompak. 

Oleh karena itu Pandji meminta kepada para camat, kepala desa dan kepala puskesmas untuk mengadakan juga rapat koordinasi kepada para kepala sekolah agar meyakinkan para orangtua siswa bahwa pihaknya menjamin vaksinasi anak-anak aman. 

“Jangan khawatir karena nanti sebelum diadakan vaksinasi akan diskrining, jika tidak layak divaksin itu tidak akan divaksin, tapi kalau sehat tetap di vaksin,” terangnya.

2. Meski vaksinasi dewasa belum 70 persen, Dinas Kesehatan berkirim surat ke pemerintah pusat dan Gubernur Banten

Pemkab Serang Gelar Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Pekan Depan Seorang anak menerima vaksin COVID-19 di Graha Asia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021). (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Salah satu syarat untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak adalah capaian vaksinasi dewasa sudah 70 persen. Meski per 6 Januari, capaian vaksinasi dewasa belum 70 persen, Dinas Kesehatan tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat. 

Koordinasi itu, kata Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi, untuk segera merealisasikan vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun. 

“Hari ini kita koordinasikan. Sedangkan untuk capaian vaksinasi per 6 Januari 2022 berdasarkan KTP sudah 69,58 persen, perhari ini Insya Allah sudah 70 persen data KCPN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional),” ujar Agus.

3. Vaksinasi untuk warga di atas 12 tahun tetap berlanjut

Pemkab Serang Gelar Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Pekan Depan Vaksinasi sopir dan driver ojek online di Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara itu, vaksinasi masyarakat usia di atas 12 tahun tetap dilaksanakan agar bisa mencapai 100 persen sampai akhir Desember 2022. Adapun target di Pemkab Serang adalah 1.259.754 orang.

Pandji mengungkap, Kabupaten Serang tidak boleh kalah dari daerah lain. Apalagi, imbuhnya, vaksinasi ini mendapat dukungan penuh dari kepolisian dan TNI. "Nah, kita sudah mencapai 70 persen, makanya kita tidak mau kalah dengan kabupaten kota lain," jelasnya.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Pandeglang Terendah di Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya