Comscore Tracker

Pilkada Serang, KPU Target 80 Persen Partisipasi Pemilih

DPT Pilkada Serang 1.132.717 jiwa

Serang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Serang sekitar 80 persen. Jika tak ada aral, Pilkada Serentak 2020 bakal di gelar 9 Desember mendatang.

Untuk mencapai target itu, KPU menggandeng sejumlah stakeholder, baik organisasi masyarakat (prmas), organisasi kepemudaan (OKP) atau mahasiswa, LSM, serta media.

Baca Juga: Ini Visi Misi 2 Paslon yang Bertarung di Pilkada Serang 

1. KPU: target 70 sampai 75 persen partisipasi pemilih, tapi Insya Allah 80 persen tercapai

Pilkada Serang, KPU Target 80 Persen Partisipasi PemilihKetua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasir (kedua kiri) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar Surya sudah mengundang 29 organisasi tersebut pada Kamis  (29/10/2020). Nantinya, mereka turun ke lapangan dan menyosialisasikan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Serang dengan berbagai strategi dan upaya untuk menarik pemilih.

"Tujuan kami adalah target 70 sampai 75 persen partisipasi pemilih, tapi Insya Allah 80 persen tercapai,” ujarnya, seperti dikutip ANTARA.

Dengan demikian, target KPU di Pilkada Serang adalah sekitar 906.173 pemilih karena Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 1.132.717 jiwa.

2. Pimpinan organisasi bagai "virus" sosialisasi yang "menulari" anggotanya

Pilkada Serang, KPU Target 80 Persen Partisipasi PemilihIlustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Abidin berharap, para pimpinan organisasi itu bisa menjadi "virus" kepada anggotanya untuk bersama-sama bergerak dalam menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Serang. 

“Nantinya mereka bergerak, bergerilya menyampaikan tahapan dan pemilihan bupati dan wakil bupati 9 Desember 2020. Kita harapkan pertemuan yang kedua ini mudah-mudahan upaya hasil yang maksimal,” ungkapnya.

3. DPT Pilkada Serang 1.132.717 jiwa

Pilkada Serang, KPU Target 80 Persen Partisipasi PemilihInfografis PIlkada Serang 2020 (IDN Times/M Shakti)

Di sisi lain, tambah Abidin, sosialisasi kepada pemilih disabilitas juga dioptimalkan. “Kita juga mengundang Koredo salah satu OKP yang konsen pada disabilitas, nanti mereka yang melakukan pembinaan atau sosialisasi kepada orang disabilitas,” tutur Abidin.

Sementara KPU Kabupaten Serang sudah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.132.717 jiwa. Rinciannya, sebanyak 573.728 pemilih laki-laki dan sebanyak 558.989 pemilih perempuan.

Baca Juga: Ada 3.989 Pemilih Disabilitas di Empat Pilkada Banten 

Baca Juga: Adik Atut, Ratu Tatu Calon Petahana Paling Tajir di Pilkada Serang 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya