Polda Banten Menjaga 28 Wihara Jelang Imlek

28 wihara itu tersebar di sejumlah kabupaten dan kota 

Serang, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Banten menerjunkan 324 personel untuk menjaga keamanan perayaan tahun baru Cina atau Imlek yang akan jatuh pada 22 Januari 2023. Petugas akan berjaga di 28 wihara serta lokasi lainnya di tengah cuti bersama Tahun Baru Imlek.

Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono menjelaskan, 28 wihara di wilayah Polda Banten menyebar di sejumlah wilayah hukum, yaitu Polresta Serang Kota (5 wihara), Polres Lebak (1 wihara), Polres Pandeglang (1 wihara), Polres Cilegon (2 wihara), dan Polresta Tangerang sebanyak (19 wihara).

Baca Juga: Penjual Pernak-pernik Imlek Ramaikan Pasar Lama Tangerang

1. Polda Banten mengantisipasi sejumlah ancaman di perayaan Imlek, mulai dari kecelakaan, terorisme, hingga bencana alam

Polda Banten Menjaga 28 Wihara Jelang ImlekIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Dedi, ada sejumlah masalah atau ancaman yang akan menjadi fokus dalam pengamanan perayaan Imlek tahun ini, mulai dari kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, balap liar, aksi premanisme, penyalahgunaan narkoba, munculnya kejahatan terhadap rumah yang ditinggalkan, meningkatnya kejahatan C3, ancaman terorisme, bencana alam, dan nonalam.

Untuk membahas dan berkoordinasi mengenai pengamanan ini Polda Banten telah menggelar rapat persiapan pengamanan sebagai pedoman dalam perencanaan pengamanan libur panjang dan cuti bersama dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di daerah hukum Polda Banten.

Kemudian mengantisipasi kerawanan yang berpotensi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Banten.

2. Pandemik COVID-19 melandai, warga bisa rayakan Imlek

Polda Banten Menjaga 28 Wihara Jelang Imlekilustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sementara itu, Wakapolda Banten Brigjen Pol M Sabilul Alif mengatakan, pandemik COVID-19 saat ini sudah menurun. "Perayaan ibadah dan perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini dapat dirayakan," kata Sabilul Alif.

Menurutnya, perayaan Imlek kali ini akan meningkatkan mobilitas, frekuensi kegiatan, dan volume konsentrasi masyarakat etnis Tionghoa di rumah ibadah, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, tempat wisata, maupun lokasi pemakaman etnis Tionghoa.

3. Polisi akan periksa bawaan warga

Polda Banten Menjaga 28 Wihara Jelang ImlekIlustrasi Polisi. (IDN Times/Fitang Budi Adhitya)

Sementara itu, Dedi jugamenjelaskan cara bertindak pihak kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan Imlek 2023. Ada dua cara bertindak yang akan dilaksanakan polisi di lapangan, yaitu bertindak secara taktis di antaranya melaksanakan pengaturan lalu lintas, menempatkan personel di titik pengamanan, pemeriksaan terhadap barang bawaan.

"Kedua cara bertindak teknis, yaitu koordinasi dengan instansi terkait dan panitia penyelenggara, menyiapkan renpam, deteksi dini," kata Dedi.

Baca Juga: Polda Banten Perketat Pengamanan Setelah Bom Bunuh Diri di Bandung 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya