Wali Kota Tangerang: Jangan Mengadang Truk Demi Konten

Demi konten jangan melakukan hal yang membahayakan nyawa ya

Tangerang, IDN Times - Insiden remaja yang mengadang truk demi konten mendapat perhatian dari Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Dia meminta orangtua mengawasi betul aktivitas anak-anaknya.

"Jangan sampai hanya demi konten media sosial, anak kita membahayakan nyawanya seperti konten mengadang truk di jalanan," kata Wali Kota Arief, seperti dikutip dari situs Antara, Selasa (7/6/2022).

1. Wahai orangtua, awasilah anak-anak

Wali Kota Tangerang: Jangan Mengadang Truk Demi KontenCanva/Buyung Wijianto

Ia berharap agar para orangtua mengawasi dan mencurahkan perhatian kepada anaknya. "Kita jaga generasi penerus bangsa di Kota Tangerang," ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra meminta pemerintah segera merespons fenomena anak menyetop truk demi konten di media sosial itu. Terbaru, seorang remaja meninggal dunia setelah mengadang truk. 

Jasra menyebut, pemerintah harus segera membuat regulasi terkait pedoman bersosial media bagi anak. Pedoman itu nantinya harus masuk ke dalam pembelajaran di sekolah.

"Perlu ada kebijakan turunan dari UU ITE dalam menyikapi hak tersebut. Agar dapat aman digunakan, masuk ke dalam sistem pendidikan baik di keluarga, sekolah dan lingkungan," kata Jasra, Senin (6/6/2022).

2. Viral, remaja mengadang truk demi konten

Wali Kota Tangerang: Jangan Mengadang Truk Demi KontenIlustrasi truk. IDN Times/Gideon Aritonang

Sebelumnya, pada hari Jumat (3/6/2022) seorang anak meninggal karena tertabrak mobil kontainer di depan SPBU Gerendeng.

Dalam video yang viral diunggah akun media sosial Instagram abouttngid, gerombolan remaja tampak menghentikan laju kontainer, namun satu orang tertabrak karena tak sempat menghindar.

Kepolisian pun masih memeriksa supir kontainer dan mengumpulkan keterangan dari teman korban. "Masih dalam proses dan akan gelar perkara nantinya," kata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho.

3. Korban berinisial Y meninggal dan sudah diserahkan ke keluarga

Wali Kota Tangerang: Jangan Mengadang Truk Demi KontenIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Jasad korban berinisial Y sudah diserahkan kepada keluarga dan dimakamkan. Ke depannya kepolisian akan melakukan peningkatan patroli.

Lalu pada hari Selasa (7/6) pukul 00.35 WIB yang dipublikasikan melalui akun media sosial abouttngid, terjadi lagi seorang anak yang meninggal akibat tertabrak kendaraan truk setelah mencoba mengadangnya.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan M. Toha dan kondisi anak tersebut meninggal dunia dengan luka serius. "Terjadi lagi. akibat bikin konten. Jalan Moh Toha depan gerai Mr. Ponsel, deket Dominos Pizza. cegar kontainer," ujar pelapor ke akun abouttngid

Baca juga: YouTube larang konten tantangan dan candaan berbahayaPewarta: Achmad

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya