Comscore Tracker

14 SMA di Banten akan Terapkan Sekolah Metaverse Tahun Ini  

Pemprov matangkan konsep teknis pelaksanaannya

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten akan menerapkan sekolah metarverse di 14 sekolah menengah atas (SMA) tahun ini. Saat ini, sedang mempersiapkan petunjuk teknis pelaksanaan sekolah berbasis online tersebut.

"Sekarang saya masih formulasikan beberapa teknis untuk memastikan itu sesuai aspek regulasi dan harapan bersama," kata Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, Senin (11/7/2022).

1. Dinilai bisa menjawab masalah kuota terbatas saat PPDB

14 SMA di Banten akan Terapkan Sekolah Metaverse Tahun Ini  IDN Times/Khaerul Anwar

Al Muktabar berharap, sekolah metaverse sedang dipersiapkan Pemprov Banten bisa menjadi solusi permasalahan kuota yang terbatas pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA sederajat.

"Kita harus punya solusi bayangkan yang tidak keterima PPDB banyak sekali minimal kita memberikan solusi itu prinsipnya," katanya.

2. Bukan bermaksud singkirkan sekolah swasta

14 SMA di Banten akan Terapkan Sekolah Metaverse Tahun Ini  Ilustrasi belajar daring dari rumah (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kendati demikian, dia menegaskan, program sekolah metaverse itu bukan untuk menyingkirkan sekolah swasta. Namun, ke depan, sekolah swasta pun harus mengembangkan konsep pendidikan menuju dunia digital.

"Swasta juga harus seperti itu kita akan carikan solusi yang terbaik. Ini kan untuk memenuhi harapan masyarakat jadi kita harus bersama melakukan itu, dan semoga ini jawaban yang memungkinkan," katanya.

3. Sekolah metaverse ditarget beroperasi tahun ini

14 SMA di Banten akan Terapkan Sekolah Metaverse Tahun Ini  Pembeljaran Jarak Jauh atau sekolah daring (Dok. IDN Times)

Saat ini dirinya tengah mematangkan konsep sekolah metaverse akan diterapkan. Mulai dari kurikulum dan konsep kegiatan belajar mengajarnya.

"Mudah-mudahan bisa di tahun ajaran ini, itu kan bisa rentang kalau PPDB belum berakhir kita belum bisa itu kan skema pemerintah yang merupakan lanjutan itu," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Banten Sembelih Sendiri Sapi Sultan Pemberian Jokowi

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya