18 Sipir Lapas Diperiksa Usai Napi Pesta Hand Sanitizer Berujung Maut 

Napi yang selamat dari maut dipantau ketat kesehatannya

Serang, IDN Times - Sebanyak 18 petugas sipir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang diperiksa usai pesta minuman oplosan alkohol hand sanitizer berujung maut. Dua narapidana meninggal dunia.

Kedua narapidana yang tewas tersebut merupakan napi kasus narkotika dan berasal dari Tangerang. Keduanya bernama Beni Yulius dan Beni Priatna.

1. Satu regu mengawasi 900 narapidana

18 Sipir Lapas Diperiksa Usai Napi Pesta Hand Sanitizer Berujung Maut Ilustrasi narapidana (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Jalu Yuswa Panjang mengatakan, pihaknya telah memeriksa dua regu jaga yang bertugas pada saat ke 15 orang warga binaan pesta minuman oplosan.

"Satu regu jaga 9 orang mengawasi 900 narapidana. Total petugas (yang diperiksa) sebanyak 18 orang,” kata Jalu saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Diduga Minum Miras Oplosan, 2 Napi Lapas Serang Tewas

2. Napi yang selamat dari maut, masih terus dipantau kesehatannya

18 Sipir Lapas Diperiksa Usai Napi Pesta Hand Sanitizer Berujung Maut IDN Times/Khaerul Anwar

Selain sipir, Jalu menjelaskan pihaknya juga memeriksa delapan napi selamat yang ikut pesta minuman oplosan. Di samping itu, pihaknya memerintahkan Kalapas Kelas IIA Serang untuk meningkatkan pengawasan terhadap kedelapan orang tersebut.

"Telah kami lakukan pendekatan dari hati kehati supaya mereka ngaku maksudnya. Kami memastikan penanganan kasus ini. Supaya mudah mengawasinya sisa orang ini, saya minta Kalapas untuk dijadikan satu kamar yang aksesnya mudah. Supaya cepat pertolongan pertamanya,” katanya.

Jalu menerangkan dari 7 napi yang dilarikan ke rumah sakit, 2 orang meninggal dunia dan 5 orang mendapatkan perawatan. Namun saat ini 3 napi sudah kembali ke lapas disatukan dengan 8 napi yang tengah diawasi kesehatannya.

"Kita pantau terus terhadap 13 yang lainnya, 11 udah aman yang 2 masih perawatan kami dapat kabar terakhir mulai membaik mudah mudahan itu betul betul baik," katanya.

3. Kadiv Pemasyarakatan minta aktivitas napi diawasi lebih ketat

18 Sipir Lapas Diperiksa Usai Napi Pesta Hand Sanitizer Berujung Maut IDN Times/Khaerul Anwar

Jalu mengungkapkan pasca kejadian itu, pihaknya akan lebih mengawasi aktivitas para napi. Jangan sampai, peristiwa yang merenggut dua napi narkoba itu terulang kembali.

"Pastinya, khususnya mobilitas para warga binaan ini. Kami fokus terhadap sisa dari napi yang kemarin terlibat kami awasi secara khusus, supaya ada penanganan lebih," katanya.

Baca Juga: Ada Campuran Hand Sanitizer dalam Minuman Maut yang Tewaskan 2 Napi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya