Comscore Tracker

180 Ribu Orang Sudah Menyeberang ke Sumatra Via Pelabuhan Merak 

Pemerintah mulai melarang mudik pada 6 Mei 2021

Cilegon, IDN Times -  Total ada 180.044 penumpang yang menyeberang ke Sumatra melalui pelabuhan Merak - Bakauhuni periode 28 April hingga 3 Mei 2021. Seperti diketahui, pemerintah akan mulai larangan mudik mulai 6 Mei 2021.

Jumlah tersebut berdasarkan rekapitulasi data harian perjalan penumpang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak di Pelabuhan Merak.

1. Para penumpang yang menyeberang masih didominasi oleh pengguna kendaraan

180 Ribu Orang Sudah Menyeberang ke Sumatra Via Pelabuhan Merak ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Hasan Lessy mengatakan, tercatat dalam waktu enam hari, sebanyak 180.044 penumpang yang telah menyeberang ke Sumatera via Pelabuhan Merak. Pada periode itu, sebanyak 45.461 kendaraan--baik roda dua dan empat--turut diangkut ke Sumatra.

Para penumpang yang menyeberang masih didominasi oleh pengguna kendaraan. Dari 180.044 penumpang, sebanyak 170.225 orang diantaranya menyeberang menggunakan kendaraan. Sementara, penumpang pejalan kaki hanya sebanyak 9.819 orang.

2. Jumlah penumpang itu meningkat dibanding hari biasa

180 Ribu Orang Sudah Menyeberang ke Sumatra Via Pelabuhan Merak Ilustrasi. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Hasan menjelaskan, jumlah itu melonjak dibandingkan hari-hari biasa di masa pandemik.  Kendaraan, imbuhnya, memadati area pelabuhan Merak.

"Volume kendaraan membuat area kantung parkir setiap dermaga dipenuhi oleh calon pengguna jasa," kata Hasan saat dikonfirmasi, Selasa (4/5/2021).

3. ASDP tetap mengoperasikan seluruh dermaga, meski ada larangan mudik

180 Ribu Orang Sudah Menyeberang ke Sumatra Via Pelabuhan Merak Pelabuhan Merak (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Dia menyampaikan, pihaknya akan tetap mengoperasikan sebanyak 29 kapal dan seluruh dermaga penyeberangan di Pelabuhan Merak meski pada larangan mudik Lebaran 6-17 Mei mendatang sesuai instruksi dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Banten.

"Kapal juga ya sesuai dengan pemberian jadwal dari balai," katanya.

Baca Juga: Catat! Pelabuhan Merak Tak Akan Layani Penumpang 6-17 Mei 2021

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya