Comscore Tracker

2 WNI Positif Corona, Banten Validasi Ulang Data Tenaga Kerja Asing

Data TKA paling utama adalah yang berasal dari Tiongkok

Kota Serang, IDN Times - Indonesia sudah mengumumkan kasus pertama infeksi virus corona. Untuk itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy (AA) menugaskan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memvalidasi jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA), terkhusus yang berasal dari Tiongkok.

Dua OPD itu yakni Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten. Dua OPD ini sudah ditugaskan untuk memvalidasi data TKA ke Imigrasi. 

“Besok sudah harus ada laporannya. Jika sudah dapat data dari pihak imigrasi, maka kita bisa dengan mudah melacak keberadaan TKA yang masuk ke Banten,” ujarnya seusai Rapat Pimpinan (Rapim) awal bulan di gedung Bappeda Provinsi Banten, Senin (2/3).

Dia menegaskan, Imigrasi memiliki data warga negara asing paling lengkap. 

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: 2 Orang di Indonesia Terkena Virus Corona

1. Validasi data dan jumlah TKA di Banten penting. Salah satunya, untuk mengurangi hoaks

2 WNI Positif Corona, Banten Validasi Ulang Data Tenaga Kerja AsingUmat Katolik Filipina memakai masker pelindung menghadiri misa pada Rabu Abu di tengah kekhawatiran akan virus corona baru, di National Shrine of Our Mother of Perpetual Help, Paranaque City, Metro Manila, Filipina, pada 26 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez

Wagub menambahkan, validasi data itu penting dilakukan agar tidak ada lagi berita hoaks yang meresahkan masyarakat-- seperti yang muncul beberapa waktu lalu berkenaan dengan TKA yang masuk ke Cilegon tanpa karantina.

Pemprov memastikan, bahwa setiap WNA yang masuk ke Banten melakukan prosedur yang sudah diberlakukan. Jika pun ada, Pemprov mengaku sudah siapkan mengantisipasi, termasuk menyiapkan dua Rumah Sakit (RS) yang khusus untuk menangani virus corona di Banten, yakni RSDP Serang dan RSUD Tangerang.

"Karena virus ini sudah menjadi musuh global. Jangan sampai masyarakat dibuat gaduh dan merasa terancam,” tegasnya.

2. TKA di Banten dinyatakan sehat

2 WNI Positif Corona, Banten Validasi Ulang Data Tenaga Kerja AsingInstagram

Sementara itu Satgas pengawas tenaga kerja wilayah Serang Karyadi mengatakan, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukannya beberapa hari yang lalu terhadap TKA yang ada di Serang kondisinya dalam keadaan baik dan sehat.

Namun, meskipun demikian dia tetap menekankan kepada seluruh pengawas di setiap perusahaan binaannya untuk lebih intensif lagi dalam melakukan pengawasan.

“Sejauh ini sih masih baik-baik saja,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Antisipasi Banjir di Banten, Pemprov Akan Bangun Tanggul di Ciujung

3. Ada 600 TKA di Banten didominasi warga Tiongkok

2 WNI Positif Corona, Banten Validasi Ulang Data Tenaga Kerja AsingANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

Untuk diketahui, jumlah TKA di Provinsi Banten sendiri mencapai 600 orang. Jumlah itu paling dominan oleh pekerja yang berasal dari negara Tiongkok. Namun demikian, kondisi Banten sampai saat ini masih aman dari adanya serangan virus Corona.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya