Banten Siagakan Alat Berat di Jalan Rawan Longsor Selama Lebaran

Terutama di wilayah Banten Selatan

Serang, IDN Times - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten, Arlan Marzan, mengatakan pihaknya menyiagakan alat berat dan material jika terjadi keadaan darurat seperti tanah longsor selama arus mudik.

Ada sejumlah ruas jalan di Banten yang menjadi perlintasan pemudik. Kawasan itu rawan terjadi longsor, apalagi sejumlah daerah di Banten masih diguyur hujan setiap hari.

1. Alat berat ditempatkan di daerah yang rawan longsor

Banten Siagakan Alat Berat di Jalan Rawan Longsor Selama LebaranMenjelang Lebaran 2021 antrean panjang kendaraan bermotor roda empat atau lebih terjadi di pos pemeriksaan larangan mudik Lebaran tersebut (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Alat berat akan ditempatkan di seluruh UPTD baik di Tangerang, Serang-Cilegon, Lebak, dan Pandeglang. Khusus di Lebak, lanjut Arlan, alat berat ditempatkan di jalur Bayah dan Cipanas karena menjadi titik rawan longsor.

"Untuk alat berat dan material standby di beberapa lokasi untuk persiapan penanganan darurat," kata Arlan saat dikonfirmasi, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Perusahaan di Kabupaten Tangerang Wajib Beri THR H-7 Lebaran

2. Perbaikan jalan dipastikan rampung H-7 lebaran

Banten Siagakan Alat Berat di Jalan Rawan Longsor Selama LebaranIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dia memastikan kesiapan jalan provinsi menghadapi arus mudik Lebaran 2022. Pemprov Banten melakukan perbaikan jalan untuk memperlancar perjalanan mudik bagi masyarakat.

"Untuk jalan provinsi, semua UPTD (unit pelaksana teknis daerah) jalan di seluruh wilayah sedang menangani kerusakan jalan dan ditargetkan H-7 sudah selesai," katanya.

3. Aktif membangun komunikasi dengan pusat soal kesiapan jalan

Banten Siagakan Alat Berat di Jalan Rawan Longsor Selama LebaranIlustrasi kemacetan di tol (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Untuk memastikan kesiapan jalan Nasional dan jalan Tol di Provinsi Banten, Arlan mengaku akan secara aktif berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten.

"Jadi untuk jalan Provinsi sepanjang 762.026 kilometer sudah mantap dan siap menghadapi arus mudik lebaran," katanya.

Baca Juga: PUPR Banten Ungkap Penyebab Banjir di Jalan MH Thamrin Kota Tangerang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya