Banyak Rumah Kosong, Polisi di Serang Tingkatkan Patroli

Polisi mengantisipasi kriminalitas saat long weekend

Serang, IDN Times - Di masa long weekend atau libur panjang pekan ini, banyak warga Kota Serang yang bepergian untuk berlibur atau pulang kampung. Rumah yang mereka tinggali pun kosong.

Kondisi ini berpontesi menjadi objek kejahatan. Polresta Serang Kota pun mengerahkan sejumlah tim patroli untuk mengawasi kawasan permukiman warga, untuk menjamin keamanan.

"Pemukiman yang ditinggal untuk berlibur dan tim pencegahan mulai kemarin (Kamis) sampai nanti malam dan berlanjut hingga Minggu," kata Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Sofwan Hermanto, Jumat (2/6/2023).

Baca Juga: Daftar Penginapan Murah di Tangerang, Liburan yuk

1. Pengawasan terhadap perumahan lebih ditingkatkan

Banyak Rumah Kosong, Polisi di Serang Tingkatkan PatroliDok. Istimewa/Polres Serang

Satu tim dengan sejumlah motor secara bersama berkeliling permukiman warga. Perumahan biasanya merupakan permukiman yang lebih sering kosong di saat liburan. Karena itu pengawasan terhadap perumahan lebih diintensifkan.

"Melakukan deteksi pemberitaan kerawanan, termasuk pemukiman yang ditinggal untuk berlibur," katanya.

2. Satpam lingkungan diminta tingkatkan kewaspadaan

Banyak Rumah Kosong, Polisi di Serang Tingkatkan PatroliPolres Kebumen melaksanakan patroli gabungan pada Selasa (10/12) malam. Dok Humas Polres Kebumen

Kapolres melakukan imbauan kepada satpam atau security setempat agar terus dan tetap meningkatkan kewaspadaan saat ini atau saat banyak rumah yang sedang ditinggal penghuninya.

"Di kondisi libur panjang agar masing-masing fungsi melakukan langkah-langkah," katanya.

3. Ada pemetaan rumah kosong dan wilayah rawan terjadi kriminalitas

Banyak Rumah Kosong, Polisi di Serang Tingkatkan PatroliKapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi patroli jam malam di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Menurut Sofwan, ada pemetaan banyaknya rumah kosong saat long wekeend ini. Pihaknya bakal mengantisipasi kriminalitas, pencurian, dan kebakaran.

Sementara itu, pihaknya telah mengantongi wilayah-wilayah yang rawan terjadi aksi kriminalitas. Data itu didapat dari hasil analisa dan evaluasi kriminalitas selama ini.

"Patroli secara bersama dan bergantian yang dilakukan bukan hanya di tingkat Polresta saja namun termasuk di polsek-polsek jajaran," katanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Soto Betawi Enak di Tangerang, Kesohor!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya