Hanya Wisatawan Lokal yang Boleh Berkunjung ke Baduy 

Harus dilengkapi surat keterangan bebas COVID-19

Lebak, IDN Times - Kawasan wisata Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten boleh dikunjungi oleh wisatawan di era new normal meski secara resmi wisata adat tersebut belum secara resmi dibuka oleh Pemerintan Kabupaten Lebak.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Baduy harus dilengkapi surat keterangan sehat atau surat keterangan bebas virus corona atau COVID-19 dari daerah asalnya.

"Kami tidak masalah wisatawan berkunjung ke sini," kata Tetua Adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Jaro Saija.

Baca Juga: Kawasan Wisata Baduy Masih Tutup, Warga Tak Boleh Keluar Daerah   

1. Hanya wisatawan lokal yang dibolehkan berkunjung

Hanya Wisatawan Lokal yang Boleh Berkunjung ke Baduy idntimes.com

Kendati demikian, kata Jaro Saija, wisatawan yang diperbolehkan berkunjung ke permukiman orang kanekes tersebut hanyalah wisatawan lokal. Itu pun, mereka wajib menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19.

Sementara wisatawan asing dari luar negeri masih dilarang berkunjung. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kami menolak wisatawan lokal jika tidak dilengkapi surat keterangan sehat juga warga asing," kata Jaro Saija, seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/6).

2. Kunjungan wisata membantu ekonomi warga Baduy

Hanya Wisatawan Lokal yang Boleh Berkunjung ke Baduy (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Menurut Saija, pengunjung wisatawan tentu sangat membantu perekonomian masyarakat. Selama empat bulan terakhir, perekonomian warga Baduy goyang.  Produksi aneka kerajinan di antaranya kain tenun, souvenir, pernak pernik dan lainya tidak laku karena tidak ada wisatawan yang datang. 

Meski saat ini, pengunjung wisata ke pemukiman Baduy Luar maupun Baduy Dalam pada era normal baru relatif kecil. Selain itu juga kawasan Baduy sudah tidak ada petugas yang melakukan pemeriksaan suhu tubuh maupun penyemprotan cairan disinfektan.

Mayoritas pengunjung ke destinasi wisata adat Baduy itu warga Lebak dan sekitarnya, sebab secara resmi wisata belum dibuka.

"Kami berani membuka wisata ini setelah ada koordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat hukum," katanya.

3. Pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan

Hanya Wisatawan Lokal yang Boleh Berkunjung ke Baduy Intagram/mursyidbaduy

Sementara, Kepala Seksi Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak Usep Suparno mengatakan, meskipun kunjungan ke baduy sudah diperbolehkan, mereka tidak diperbolehkan bergerombol atau berkerumun dengan jumlah banyak saat berkunjung. Lalu mereka diharuskan menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

"Kami bisa kembali (buka) secara resmi pariwisata setelah ada rekomendasi dari Petugas Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak," katanya

Baca Juga: Ritual Kawalu, Lockdown ala Suku Baduy

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya