Insentif Nakes di Banten Baru Cair 3 Bulan

Insentif menunggak 9 bulan, pembayaran bertahap

Serang, IDN Times - Insentif untuk tenaga kesehatan khusus COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten akhirnya cair. Skema pendistribusian baru dilakukan secara bertahap.

Berdasarkan informasi, dari sembilan bulan insentif yang sempat tertunggak, baru tiga bulan saja yang dibayarkan. Selanjutnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten akan langsung memproses verifikasi untuk sisa pembayaran.

Baca Juga: 9 Bulan Insentif Belum Dibayar, Nakes: Kami Lelah Butuh Imun

1. Insentif sudah ditransfer ke rekening masing-masing

Insentif Nakes di Banten Baru Cair 3 BulanIlustrasi nakes memeriksa pasien. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan bahwa pihaknya telah menerima usulan pencairan insentif nakes penanganan COVID-19 dari Dinkes Provinsi Banten. Selanjutnya, BPKAD Banten telah menindaklanjutinya dengan menerbitkan surat perintah pencairan dana (SP2D) ke bank penyalur.

“Semua nakes sudah bisa terima dan sudah masuk ke rekening masing-masing nakes,” kata Rina saat dikonfirmasi, Sabtu (10/7/2021).

Baca Juga: Penyebab Insentif Nakes COVID-19 di Banten 9 Bulan Belum Terbayar

2. Insentif dibayarkan secara bertahap

Insentif Nakes di Banten Baru Cair 3 Bulangoogle

Mantan Kepala BPKAD Kabupaten Lebak itu menuturkan, pembayaran insentif nakes ini akan bertahap. Alasannya, menurut Rina, pengelola RSUD Banten harus melakukan proses verifikasi dan input data ke sistem Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Proses itu memerlukan waktu dan ketelitian.

Rina menegaskan, untuk pembiayaan insentif nakes sendiri sudah tersedia di kas daerah. Adapun yang sudah disalurkan pada tahap ini sebesar Rp11,35 miliar. “Selama ada pengajuan kami siap cairkan,” katanya.

3. Pembayaran insentif bertahap, nakes tetap apresiasi iktikad baik pemerintah

Insentif Nakes di Banten Baru Cair 3 BulanTenaga kesehatan menjemur sepatu APD usai dicuci di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (2/3/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dikonfirmasi hal tersebut, salah satu tenaga kesehatan RSUD Banten membenarkan bahwa insentif sudah cair, tapi baru separuh saja. Kendati demikian, nakes yang tak mau disebutkan namanya itu tetap mengapresiasi iktikad baik pemerintah dalam memenuhi hak para pekerja.

"Baru 3 bulan, yang April cuman separonya doang. Yang baru masuk April Rp3,7 juta.  Februari Rp7,5 juta dan Maret Rp7,5 juta," katanya.

Baca Juga: Gubernur: Insentif Nakes Covid-19 RSUD Banten Cair Minggu Depan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya