Comscore Tracker

Panglima TNI: Mangrove Terbukti Lindungi Pantai dari Tsunami

Penanaman mangrove dilakukan di seluruh Indonesia

Tangerang, IDN Times - TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pohon mangrove terbukti melindungi pesisir pantai dari hempasan tsunami dan angin badai. Oleh karena itu, kata Hadi, kerusakan hutan mangrove sangat merugikan. 

"Merugikan baik secara ekologis maupun sosial-ekonomi," kata Hadi di sela penanaman pohon mangrove dan menebar benih ikan Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/2). 

Diapun mengajak masyarakat menjaga kelestarian hutan mangrove yang memang bisa melindungi pesisir pantai dan penghuninya. "(Hutan mangrove) memiliki nilai sangat penting, bukan untuk masyarakat di sini aja, ekosistem juga akan baik," katanya.

Baca Juga: Selain Tambang Ilegal, Ini 4 Faktor Lain Penyebab Bencana di Lebak

1. Kerusakan alam menjadi salah satu pemicu berbagai bentuk bencana yang merugikan

Panglima TNI: Mangrove Terbukti Lindungi Pantai dari TsunamiIDN Times/khaerul anwar

Dalam kesempatan itu, Hadi juga menegaskan, bencana banjir dan longsor akhir-akhir ini yang terjadi di beberapa daerah di tanah air disebabkan oleh kerusakan alam yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Demikian pula terjadi longsor di daerah karena hilangnya daya dukung lingkungan penenbangan pohon oleh orang yang tidak bertanggung jawab," katanya.

2. TNI dan Polri tanam 360 ribu mangrove dan sebar 1 juta benih ikan di seluruh Indonesia

Panglima TNI: Mangrove Terbukti Lindungi Pantai dari TsunamiIDN Times/khaerul anwar

Di acara itu kegiatan yang bertajuk "TNI-Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir" itu juga hadir Kapori Jenderal Idham Azis. Dalam kesempatan itu, Kapolri mengungkap bahwa kegiatan penghijauan hasil kerja sama TNI-Polri itu dilaksanakan di seluruh Indonesia. 

Sebanyak 360 ribu pohon mangrove ditanam di berbagai wilayah dan menebar 1 juta benih ikan. Di Tangerang sendiri ditanam sebanyak 20.000 pohon mangrove dan disebarkan 10.000 bibit ikan.

"Kegiatan hanya simbolis saja di Mauk, tapi seluruh Indonesia secara serentak TNI/Polri dan penebaran bibit ikan udang dan bandeng," kata Idham.

2. Penanaman mangrove baik untuk ekosistem lingkungan

Panglima TNI: Mangrove Terbukti Lindungi Pantai dari TsunamiIDN Times/khaerul anwar

3. Menteri dan pejabat daerah turut hadir

Panglima TNI: Mangrove Terbukti Lindungi Pantai dari TsunamiIDN Times/khaerul anwar

Selain Kapolri dan Panglima TNI, sejumlah menyeri dan pejabat lainnya turut hadir. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Ardianto, dan Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy juga turut hadir bersama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, serta perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: Sejak 2017, Perumdam Kabupaten Tangerang Jualan Air ke Tangsel

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya