Pelabuhan Ciwandan Mulai Melayani Pemudik Motor Malam Ini

Begini kesiapan yang telah dilakukan Pelindo II Banten

Serang, IDN Times - Pelabuhan Ciwandan mulai melayani pemudik kendaraan roda dua pada Rabu (3/4/2025) pukul 00.00 WIB dini hari. Pemudik bisa menggunakan layanan pelabuhan ini untuk menyeberang dari Kota Cilegon menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pelabuhan milik PT Pelindo II Regional Banten itu telah menyiapkan tiga dermaga terdiri dari dermaga 05A, dermaga 03 dan dermaga 07.

Baca Juga: Bencana Banjir hingga Longsor Bayangi Arus Mudik

1. Ada 4 kapal tunda dan 10 kapal penumpang di Pelabuhan Ciwandan

Pelabuhan Ciwandan Mulai Melayani Pemudik Motor Malam Ini

Untuk memperlancar arus penyeberangan, Pelindo telah menyiapkan empat buah kapal tunda dan 10 kapal penumpang untuk mengangkut pemudik motor maupun truk logistik berukuran kecil.

"Kami siap sesuai arahan SKB yang mengarah ke SKB itu kendaraan roda dua dan truk golongan dan maksimal golongan tujuh," kata General Manager Pelindo Regional 2 Banten, Yohanes W Situmeang pada Selasa (2/4/2024).

2. Pelabuhan Ciwandan siap melayani pemudik

Kemudian, pihaknya pun telah menyiapkan tenda posko bersama untuk aparat keamanan, kesehatan, toilet umum dan lapak UMKM. Lalu disiagakan petugas medias dan satu unit mobil ambulance kesehatan pelabuhan.

"Pada prinsipnya pada lebaran 2024, kami Pelindo Banten siap mendukung program pemerintah untuk mengatasi kemacetan, memperlancar kendaraan, terutama arus mudik ke daerah Sumatra, melalui Pelabuhan Ciwandan," katanya.

3. Lahan parkir bisa menampung 2 ribu unit motor dan 200 truk

Pelabuhan Ciwandan Mulai Melayani Pemudik Motor Malam Iniunsplash.com/Abdul Ridwan

Yohanes mengatakan, selain itu pihaknya telah menyiapkan area parkiran seluas 7 ribu meter persegi (m2) dengan daya tampung kemdaraan roda dua mencapai 2 ribu unit dan seluas lahan 25 ribu m2 untuk menampung sebanyak 200 truk.

"Fasilitas berkaca tahun lalu kami kemungkinan besar akan kordinasi dengan penambahan tenda, bagaimana kami akomodir pemudik motor tidak kepanasan atau kehujanan," kata Yohanes.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya