Comscore Tracker

Polda Banten Akan Tindak Tegas Kerumunan di Lokasi Wisata

Aparat antisipasi kerumunan di liburan Natal dan tahun baru

Serang, IDN Times - Polda Banten bersama instansi gabungan di Provinsi Banten menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kalimaya 2020 dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru 2021.

Kapolda Banten Irjen Pol Finadar mengatakan, segala kegiatan yang menimbulkan kerumunan--terutama di lokasi wisata-- akan ditindak tegas.

Baca Juga: Polda Banten Akan Batasi Kunjungan ke Tempat Wisata

1. Kerumunan akan langsung dibubarkan

Polda Banten Akan Tindak Tegas Kerumunan di Lokasi WisataANTARA FOTO/Reno Esnir

Disampaikan Fiandar, pihaknya bersama tim Satgas Penanganan COVID-19 akan melakukan monitoring dan penyelidikan objek wisata dan perhotelan yang terindikasi akan menggelar acara yang mengundang kerukunan massa.

"Kita ingatkan tidak diindahkan saat pelaksanaan akan dibubarkan dan langsung angkut," kata Fiandar usai memimpin apel gelar pasukan, Senin (21/12/2020).

2. Polda menerjunkan sepertiga kekuatan dibantu TNI-instansi lain

Polda Banten Akan Tindak Tegas Kerumunan di Lokasi WisataIlustrasi. Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2019 Pengamanan Nataru di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (19/12) / Istimewa

Dalam rangka pengamanan Natal dan libur tahun baru 2021, Polda Banten menerjunkan sebanyak 2.500 personel atau sepertiga kekuatan ditambah bantuan dari 1.000 personel TNI. Jika eskalasi meningkat, dikatakan Fiandar akan dikerahkan pasukan cadangan Polri dan Batalyon TNI yang ada di Banten.

"Mudah-mudahan datar-datar saja. Tidak terjadi apa-apa di Banten," katanya.

3. Pengawasan peredaran narkoba diperketat

Polda Banten Akan Tindak Tegas Kerumunan di Lokasi WisataIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain melakukan pengamanan kegiatan Natal dan libur tahun baru, pihaknya pun akan memperketat jalur pengiriman dan peredaran narkoba di Banten, mengantisipasi pesta narkoba saat malam pergantian tahun.

"Upaya untuk mencegah dan penegakan hukum betul-betul kita perkuat," katanya.

Baca Juga: Ruang ICU COVID-19 di Kabupaten Tangerang Penuh

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya