Ratusan Pemudik Berhasil Menyeberang dari Bakauheni Ke Merak

Mereka didata dan diantar ke daerah tujuan

Cilegon, IDN Times - Ditengah larangan arus mudik saat pandemik virus corona atau COVID-19, nyatanya ada sebanyak 861 pemudik dari Sumatera berhasil sampai di Pulau Jawa.

Ratusan orang itu menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni di Lampung, dan berhasil mendarat di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Baca Juga: 3 Bulan Jalani Kawalu, Tak Ada Warga Suku Badui Terjangkit COVID-19 

1. Pemudik yang berhasil lolos dikumpulkan

Ratusan Pemudik Berhasil Menyeberang dari Bakauheni Ke MerakIDN Times/Auriga Agustina

Ratusan orang itu kemudian dikumpulkan di lantai dua Terminal Terpadu Merak (TTM) yang berjarak sekitar 500 meter dari pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu.

"(Itu) Kebijakan pemerintah. Kita hanya mengawal saja," kata Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana saat dikonfirmasi, Senin (18/5).

2. Mereka diantar ke daerah tujuan

Ratusan Pemudik Berhasil Menyeberang dari Bakauheni Ke MerakIDN Times/Auriga Agustina

Ratusan orang kemudian di data oleh Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten di lantai dua TTM. Kemudian, oleh BPTD di naikkan ke dalam bus, untuk di antarkan ke daerah tujuan mereka.

"Di tampung di data oleh BPTD perhubungan dan dinaikkan ke bus gratis yang telah disediakan sesuai jurusan nya masing-masing," terangnya.

Baca Juga: Truk yang Selundupkan Pemudik di Pelabuhan Merak Bakal Ditilang  

3. Tidak mengetahui pekerjaan para pemudik

Ratusan Pemudik Berhasil Menyeberang dari Bakauheni Ke MerakANTRE. Antrean kendaraan bermotor yang memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Banten. Foto instagram @emon_kvc

Pihak kepolisian tidak mengetahui secara pasti pekerjaan 861 orang asal Sumatera yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni dan bersandar di Pelabuhan Merak. Personel kepolisian hanya menjaga dan membantu petugas BPTD untuk mendata ratusan orang tersebut.

"Untuk pekerjaan di Sumatera, bagus nya tanya sama BPTD Lampung," jelasnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya