Comscore Tracker

Tekan Angka Kehamilan, Pemkot Serang Bagikan 1.000 Kondom

Jumlah ibu hamil saat ini mencapai 14.334 orang

Serang, IDN Times - Angka kehamilan selama pandemik virus corona atau COVID-19 mengalami peningkatan di Kota Serang. Hal tersebut terjadi lantaran adanya kebijakan di rumah aja atau stay at home selama pandemik.

Untuk menekan tingginya angka kehamilan, Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang membagikan alat kontrasepsi untuk peserta program Keluarga Berencana (KB) di Kota Serang.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Pengaruhi Angka Kehamilan di Kota Tangerang 

1. Pemkota bagikan sebanyak 1.000 untuk peserta KB

Tekan Angka Kehamilan, Pemkot Serang Bagikan 1.000 KondomInstagram/bkkbnofficial

Kepala DP3AKB Kota Serang Toyalis mengatakan, pihaknya akan membagikan sebanyak 1.000 kondom kepada akseptor atau peserta KB di Kota Serang. Pembagian alat kontrasepsi kondom itu dalam rangka pelayanan 1 juta akseptor se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) dan melalui pos-pos kader Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

"Mudah-mudahan akan lebih seribu. Kalau sekarang belum ada jumlahnya sudah berapa yang sudah dibagikan. Sambil berjalan oleh ibu-ibu kader posyandu. Kita coba proaktif ke sana," kata Toyalis saat dikonfirmasi, Selasa (23/6).

2. Peserta KB takut COVID-19 saat ke fasilitas kesehatan

Tekan Angka Kehamilan, Pemkot Serang Bagikan 1.000 KondomIlustrasi delivery chamber dalam Pedoman bagi ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir (Dok. Kementerian kesehatan)

Dijelaskan Toyalis, program pembagian kondom bagi peserta KB tersebut dilakukan karena banyak peserta KB yang takut terpapar virus corona saat mendatangi fasilitas kesehatan. Untuk pembagian alat kontrasepsi kondom tersebut hanya pilihan saja. Karena pihaknya pun di acara tanggal 29 Juni dalam rangka Hari Keluarga Nasional nanti, menyediakan pula alat kontrasepsi lainnya.

"Besok itu semua jenis. Ada kondom, pil KB, suntik KB, pemasangan IUD, pemasangan implant, dan spiral. Cuma kalau pemasangan spiral di faskes. Cuma kondom dan pil KB jangka pendek,” ujarnya.

3. Jumlah angka kehamilan di Kota Serang meningkat 10 persen

Tekan Angka Kehamilan, Pemkot Serang Bagikan 1.000 Kondomhttps://images.app.goo.gl/qNfNjug11WRnfQLb9

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Serang Leni Suryani mengatakan jumlah angka kehamilan di Kota Serang mencapai sebanyak 14.334 ibu hamil." Itu jumlah itu meningkat 10 persen dibanding tahun lalu," katanya.

Baca Juga: Selama Pandemik, Jumlah Ibu Hamil di Kota Serang Meningkat

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya