Comscore Tracker

Viral Maba Untirta Ngaku Dijemur Berjam-jam hingga Dilecehkan

Tagar Untirta pun sempat trending di Twitter

Serang, IDN Times - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau ospek Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang tahun 2022, menjadi sorotan. Salah satu peserta ospek mengaku mendapat perlakuan tidak wajar dari panitia.

Perlakuan yang dinilai gak wajar itu, mulai dijemur selama 7 jam hingga dilecehkan secara verbal oleh senior. Tagar Untirta pun trending di Twitter pada Rabu (10/8/2022). Hingga pukul 14.22 WIB, #untirta berada di posisi ketiga trending Twitter dengan 3.387 tweet. 

Baca Juga: Daftar Kampus Negeri di Banten, dari Untirta Hingga STAN

1. Salah satu keluarga mahasiswa baru menyebut, adiknya juga dilecehkan secara verbal

Viral Maba Untirta Ngaku Dijemur Berjam-jam hingga DilecehkanKampus Untirta (https://untirta.ac.id)

Salah satu netizen dengan akun @aemenasalma mengaku adiknya diperlakukan tidak manusiawi oleh panitia, padahal masih kegiatan Technical Meeting (TM) atau praospek.

"Ade gue bilang salat bener bener diburu-buruin gak boleh minum dari pagi sampe sore. Yang bawain minum mentor kelompoknya dan itu pun satu botol diminum ramean. At last mikirlah kalau sekarang masih ada COVID, cacar monyet," tulis @aemenasalma dalam akun Twitter miliknya.

Bahkan, amenasalma mengaku, adiknya tersebut sempat mendapat perlakuan yang diduga masuk dalam unsur pelecehan seksual secara verbal.

"Kating (kakak tingkat-red) ada yang ngelecehin secara verbal sampe bilang semacam.' ngapain sih dek. Takut belang yak? Ngapain pake make up? Mau godain dosen?' Gila aja adik gua digituin," tulisnya.

2. Peserta trauma hingga milih gak ikut TM hari ini

Viral Maba Untirta Ngaku Dijemur Berjam-jam hingga DilecehkanInstagram/unturtakuta

UM, salah satu orangtua peserta ospek Untirta mengaku, anaknya mengalami trauma hingga tidak ingin kembali mengikuti ospek usai mendapat perlakuan tidak manusiawi oleh seniornya saat praospek pada Selasa (9/8/2022). Dia menyebut anaknya bersama peserta yang lain dijemur di lapangan tanpa tenda dengan kondisi cuaca panas selama 7 jam lebih.

"Anak saya pulang ngeluh cape, bisa tipes nahan lapar, nahan haus. Hari ini anak saya gak ikutin ospek, kasian," kata UM saat dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

3. Ini respons pihak kampus Untirta

Viral Maba Untirta Ngaku Dijemur Berjam-jam hingga DilecehkanUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa (https://Untirta.ac.id)

Saat dikonfirmasi hal tersebut, Koordinator Humas dan Kerja sama Untirta Veronika Dian Faradisa mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, pada saat peserta ospek dikumpulkan di lapangan hingga berjam-jam itu dalam rangka untuk mengambil gambar udara menggunakan drone dalam technical meeting.

Sementara, untuk pelaksanaan PKKMB Untirta secara resmi baru akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Agustus mendatang. "Tapi dianggap panas- panasan, mungkin (hasil foto) ingin terbaik, menurut ormawa (organisasi mahasiswa), tapi mungkin di lapangan tidak sesuai," katanya.

Namun hingga saat ini pihak kampus belum mendapat laporan ada peserta mahasiswa baru yang hingga dibawa ke rumah sakit akibat perlakuan panitia ospek tersebut.

"Gak ada yang ke IGD kita gak dapat info. Itu hanya curhatan begitu saja sih. Kalau pun ada efek dari itu tidak hari itu," katanya.

Baca Juga: Rektor: Untirta Serius Wujudkan Kampus Ramah Perempuan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya