Wahidin Singgung Pj Gubernur Banten Tidak Mengurus BIS

Stadionnya dibangun dengan biaya mahal, tapi...

Serang, IDN Times - Wahidin Halim mengungkapkan kekesalannnya kepada Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar. Lantaran Stadion Internasional Banten atau yang lebih dikenal Banten International Stadium (BIS) tidak dikelola dengan baik.

Sejak diresmikan pada Mei 2022 oleh Wahidin Halim semasa masih menjabat Gubernur Banten, hingga saat ini stadion bertaraf internasional di Banten itu belum pernah digunakan event resmi baik nasional maupun internasional. Bahkan tak dilirik sebagai Venue Piala Dunia U-17.

"Itu PJ-nya ngapain, tinggal nerusin doang juga. Gak perlu ngebangun, jadi stadion itu harus diurusin jangan disia-siain, itu kan buat rakyat, buat publik," kata Wahidin, Sabtu (25/11/2023).

1. Tanggapan Wahidin soal biaya pengelolaan stadion warisannya mahal

Wahidin Singgung Pj Gubernur Banten Tidak Mengurus BISDok. Istimewa/IDN Times

Wahidin mengatakan, pemeliharaan stadion tersebut seharusnya tidak terlalu mahal. Menurut dia, stadion tersebut bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta.

Diketahui, biaya pemeliharaan stadion warisan era Wahidin Halim dan Andika Hazrumy itu menelan biaya Rp1 miliar per bulan. Sehingga memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banten.

"Kan bisa dikerjasamakan, melihara aja gak bisa apalagi dia bangun. Itu kan milik publik," katanya.

2. Seharusnya BIS sering digunakan event

Wahidin Singgung Pj Gubernur Banten Tidak Mengurus BISDok. Istimewa/IDN Times

Wahidin juga mengatakan, Banten International Stadium bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti piala dunia, pengajian, konser musik, dan pertandingan sepak bola. Tidak dibiarkan begitu saja dan tidak digunakan kegiatan apa pun.

Bahkan ia menyayangkan stadion yang dibangun hampir mencapai Rp1 triliun itu tak dilirik sebagai venue Piala Dunia U-17.

"Itu bisa pakai piala, bisa buat pengajian, konser musik, main bola. BIS itu satu-satunya kebanggaan orang Banten," katanya.

3. Wahidin sebut bakal maju jadi Cagub agar bisa melanjutkan pembangunan

Wahidin Singgung Pj Gubernur Banten Tidak Mengurus BISIDN Times/Khaerul Anwar

Wahidin juga mengungkapkan keinginannya untuk maju kembali dalam pemilihan Calon Gubernur (Cagub) Banten 2024 mendatang. Menurut dia, satu tujuannya maju kembali adalah untuk meneruskan pembangunan Banten.

"Saya mikir masa depan, bukan ke belakang. Salah satu keinginan maju Pilgub untuk meneruskan pembangunan banten, jembatan mau saya tambah lagi. Gue kan gak korupsi gak apa-apa, ABPD zaman gue aja sampai Rp16 triliun," katanya.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya