Comscore Tracker

Aturan Booster Diterapkan, Bandara Soetta: Pergerakan Penumpang Stabil

Sejak Januari-Juni 2022, ada 18,16 juta pergerakan penumpang

Tangerang, IDN Times - Aturan perjalanan dalam negeri terkait syarat booster telah diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta sejak 17 Juli 2022. Syarat ini tak menurunkan jumlah pergerakan penumpang secara signifikan.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, saat ini pergerakan penumpang masih di angka 125 ribu orang per harinya.

"Kalau kemarin sebelum diterapkan kan masih libur sekolah ya, ada 135 ribu pergerakan penumpang. Saat ini karena sudah tidak dalam liburan, jadi penurunannya tidak signifikan," kata Agus saat paparan kuliah umum di depan mahasiswa Universitas Brawijaya di Auditorium Learning Center Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Terminal 3 Bandara Soetta Mati Listrik, Ini Penjelasan Pengelola

1. Mayoritas penumpang pesawat sudah vaksinasi booster

Aturan Booster Diterapkan, Bandara Soetta: Pergerakan Penumpang StabilIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Agus mengungkapkan, mayoritas penumpang pesawat saat ini telah mendapatkan vaksinasi booster sehingga tidak perlu lagi menyertakan surat antigen 1x24 jam atau tes PCR 3x24 jam.

"Apalagi kalau yang belum booster, kita arahkan untuk melakukan vaksin di sentra vaksinasi yang ada di Terminal 1, 2, dan 3," ungkapnya.

2. Pergerakan penumpang stabil usai pandemik

Aturan Booster Diterapkan, Bandara Soetta: Pergerakan Penumpang StabilIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Agus mengungkapkan, saat ini pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat setelah sebelumnya turun drastis akibat pandemik COVID-19.

"Dalam satu semester ini, periode Januari hingga Juni 2022 ada 18,16 juta pergerakan penumpang, sehingga per hari ada 100.346 pergerakan penumpang," tuturnya.

Jumlah tersebut dengan rincian, penumpang Internasional 12 persen, yakni 2.246.185 dan Penumpang domestik 88 persen atau 15.916.525 orang," jelasnya.

Adapun, tujuan populer untuk penumpang, yakni Denpasar, Kualanamu, Surabaya, Makassar, dan Pontianak. "Untuk internasional, Singapura, Jeddah, Kuala Lumpur, Doha, dan Dubai," ungkapnya.

3. Mahasiswa antusias belajar kebandarudaraan

Aturan Booster Diterapkan, Bandara Soetta: Pergerakan Penumpang StabilIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dalam kuliah umum tersebut, mahasiswa dari Universitas Brawijaya juga sempat belajar mengenai kebandarudaraan. Salah satunya, mereka mengunjungi Airport Operation Control Center (AOCC). Para mahasiswa tersebut melihat berbagai aktivitas penerbangan, mulai dari proses landing-take off pesawat, hingga proses pengangkutan kargo penumpang.

"Kita ingin menunjukkan kepada para mahasiswa mengenai proses kebandarudaraan ini, apalagi melalui AOCC, semuanya jelas prosesnya terekam jelas dan dipantau," tuturnya.

Baca Juga: Bandara Soetta Siapkan Fasilitas Sambut Atlet ASEAN Para Games 2022

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya